(file harus bentuk pdf..upload ulang)..PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KEKERASAN SEKSUAL DI KALANGAN REMAJA (STUDI KASUS MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA MADIUN)

Syahri, Nimas Meilen (2022) (file harus bentuk pdf..upload ulang)..PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KEKERASAN SEKSUAL DI KALANGAN REMAJA (STUDI KASUS MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA MADIUN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201180393_Nimas Meilen Syahri_Pendidikan Agama Islam.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Syahri, Nimas Meilen. 2022. Persepsi Peserta Didik tentang Kekerasan Seksual di Kalangan Remaja (Studi Kasus Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Madiun). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A.
Kata Kunci: Persepsi, Kekerasan Seksual, Remaja
Kekerasan seksual seperti fenomena gunung es, semakin didalami semakin tinggi kasus yang terjadi. Seperti dijelaskan oleh Komnas Perempuan pada tahun 2020 tercatat kekerasan seksual pada anak/remaja mencapai angka 2.262 kasus dan meningkat tahun 2021. Kekerasan seksual biasa terjadi pada remaja di tingkat Sekolah Menengah Atas dan kebanyakan terjadi di Kota. Seperti hal nya di Kota Madiun yang beberapa kali tertangkap pelaku kekerasan seksual. Dari deskripsi data tersebut membuat peneliti tertarik untuk meneliti di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Madiun. Pemilihan lokasi ini didasarkan pada asumsi peserta didik berbasis pendidikan agama Islam, sehingga respon mereka terhadap kekerasan seksual menarik untuk diteliti serta perlu mengetahui persepsi peserta didik atau remaja dan sejauh mana pengetahuan mereka terkait kasus yang ada disekeliling mereka karena persepsi akan mempengaruhi cara berfikir dan cara pandang remaja untuk bersikap dan bertindak dalam pencegahan kekerasan seksual.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengetahuan peserta didik tentang kekerasan seksual di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Madiun (2) mengetahui penilaian peserta didik terhadap kekerasan seksual di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Madiun (3) mengetahui tindakan yang dilakukan peserta didik dalam mencegah kekerasan seksual di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Madiun
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan studi kasus yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Madiun. Pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisi data menggunakan teknik Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi.
Dari hasil penelitian didapatkan hasil sebagai berikut (1) peserta didik memiliki pengetahuan yang luas dan sangat baik tentang kekerasan seksual, (2) peserta didik menilai tentang kekerasan seksual menunjukan bahwa peserta didik tidak menyetujui adanya kekerasan seksual karena merupakan perbuatan yang tercela, tidak terpuji dan merugikan orang lain (3) tindakan pencegahan yang dilakukan peserta didik ditunjukan dengan baik seperti menutup aurat, menjaga jarak antara laki-laki dan perempuan serta menunjukan bahwa peserta didik telah mencegah terjadinya kekerasan seksual dimulai dari diri sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moch. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:56
Last Modified: 06 Jun 2022 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18380

Actions (login required)

View Item View Item