Dampak Pola Asuh Orang Tua dan Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus di Dukuh Gelang Sukosari Babadan Ponorogo)

Fauziyah, Hayyin Nur (2022) Dampak Pola Asuh Orang Tua dan Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus di Dukuh Gelang Sukosari Babadan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180052_HAYYIN NUR FAUZIYAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fauziyah, Hayyin Nur. 2022. Dampak Pola Asuh Orang Tua dan Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus di Dukuh Gelang Sukosari Babadan Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.

Kata Kunci: Intensitas, Pola Asuh, Gadget, Anak Usia SD

Kemajuan teknologi saat ini semakin berkembang. Salah satu teknologi tersebut adalah gadget. Gadget sangat populer di semua kalangan, baik itu dewasa maupun anak-anak. Bahkan anak usia Sekolah Dasar saat ini telah pandai mengoperasikannya. Gadget menyediakan dampak positif dan negatif bagi penggunanya. Intensitas yang berlebihan akan penggunaan gadget menjadikan rawannya anak terkena dampak negatif gadget. Intensitas penggunaan gadget ini dapat dipengaruhi oleh jenis pola asuh yang diterapkan orang tua. Perlakuan yang diberikan orang tua akan berpengaruh kepada anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi intensitas penggunaan gadget pada pola asuh otoriter, demokratis dan permisif. Intensitas penggunaan gadget anak berbeda-beda karena perlakuan yang diberikan dari segi tuntutan, pengawasan dan komunikasi juga berbeda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis dari data yang ditemukan, diketahui bahwa pola asuh otoriter memilki tuntutan yang tinggi pada anak dan memiliki banyak aturan. Sehingga intensitas penggunaan gadget rendah. Untuk pola asuh demokratis, orang tua melakukan pengawasan namun terkadang memberi kebebasan. Sehingga intensitas penggunaan gadget anak lebih tinggi dari pola asuh otoriter. Sedangkan pola asuh permisif, orang tua memberikan kebebasan kepada anak. Anak dan orang tua juga jarang memiliki waktu untuk berkomunikasi. Sehingga intensitas penggunaan gadget anak paling tinggi dari pola asuh otoriter dan demokratis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:52
Last Modified: 06 Jun 2022 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18379

Actions (login required)

View Item View Item