Komparasi Minat Belajar Siswa Pada Penggunaan Media Pembelajaran Web Wordwall Dan Paper Test Di MI Ma’arif Patihan Wetan

Hidayati, Elvi Ridho (2022) Komparasi Minat Belajar Siswa Pada Penggunaan Media Pembelajaran Web Wordwall Dan Paper Test Di MI Ma’arif Patihan Wetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD ELVI RIDHO HIDAYATI 203180040.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
hidayati, Elvi Ridho. Pembelajaran matematika di sekolah dasar merupakan titik awal penentuan karakter dan proses pemahaman awal dalam pembelajaran matematika. Sehingga peran guru sangatlah penting. Minat belajar merupakan faktor utama dalam menentukan keaktifan siswa, sehingga minat memiliki pengaruh yang signifikan dalam belajar. Jika mata pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat belajar siswa, maka siswa tidak akan belajar dengan sungguh-sungguh karena tidak menarik baginya. Maka dari itu, untuk mengatasi kurangnya minat belajar siswa, maka perlu menciptakan kondisi tertentu yang dilakukan oleh guru agar siswa selalu perlu belajar dan selalu ingin belajar. Salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Dengan media pembelajaran, siswa tidak akan merasakan kebosanan ketika mengikuti proses pembelajaran, karena media berperan sebagai stimulus belajar dan untuk memotivasi siswa agar semangat belajar. Media pembelajaran web Wordwall memiliki beberapa kelebihan diantaranya: fitur didalam aplikasi web Wordwall lebih bervariasi sehingga tampilannya akan lebih menarik minat siswa untuk belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran web Wordwall dengan paper test pada pembelajaran matematika yang dilakukan di kelas 5 MI Ma’arif Patihan Wetan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif, dengan jenis Quasi Experimental Design. Sedangkan dalam desain penelitainnya menggunakan desain Nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sampel sebanyak 46 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus uji Independent Sample t-Tes dengan bantuan SPSS v25 for windows.
Berdasarkan hasil Analisa yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran web wordwall dan paper test pada pembelajaran matematika yang dilakukan di kelas 5 MI Ma’arif Patihan Wetan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perbedaan dari hasil rata-rata minat belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran web wordwall adalah 63,35 dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan paper test adalah 56,43. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol. Sehingga minat belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran web wordwall lebih tinggi dibandingkan siswa yang hanya menggunakan paper test.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:23
Last Modified: 06 Jun 2022 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18374

Actions (login required)

View Item View Item