Komparasi Motivasi Belajar IPA Berdasarkan Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Media Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022

Tiyas, Ardiyana Trining (2022) Komparasi Motivasi Belajar IPA Berdasarkan Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Media Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 203180145 ARDIYANA TRINING TIYAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Tiyas, Ardiyana Trining. Pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka di kelas IV MI Ma’arif Ngrupit diketahui adanya motivasi belajar siswa yang rendah. Hal tersebut diperoleh peneliti dari hasil wawancara. Motivasi belajar siswa yang rendah diperkuat dengan hasil observasi yaitu pada saat pembelajaran berlangsung terlihat berbagai perilaku yang muncul dari siswa ketika di kelas, diantaranya: ramai sendiri, tidak memperhatikan penjelasan guru, melamun, dan main sendiri. Salah satu faktornya yaitu belum adanya penerapan model pembelajaran yang inovatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Mind Mapping. Proses pembelajaran model ini siswa dilatih agar mampu menganalisis gambar dan membuat rangkuman berdasarkan gambar. Model dan media yang digunakan bertujuan agar pembelajaran yang dilakukan terkesan menarik sehingga dapat memacu motivasi siswa untuk belajar dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Mind Mapping dapat dijadikan sebagai inovasi baru bagi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar IPA di lingkup Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Mind Mapping, (2) motivasi belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Mind Mapping, (3) perbedaan motivasi belajar siswa secara signifikan antara yang menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Mind Mapping dengan tanpa menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Mind Mapping.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, dengan sampel sejumlah 51 siswa. Sampel tersebut berasal dari dua kelas yaitu kelas IV A dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IV B dengan jumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen.
Berdasarkan hasil dan pembahasan (1) motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Mind Mapping memiliki kategori cukup dengan frekuensi 18 dan presentase 69,2%, (2) motivasi belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Mind Mapping memiliki kategori cukup dengan frekuensi 17 dan presentase 65,4%, (3) perhitungan dengan menggunakan t-test uji beda dua mean independen diketahui bahwa nilai t pada equal variances assumed adalah 4,337 dengan sig. 0,000, yang menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05. Maka, H_0 ditolak, H_1 diterima dan dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa secara signifikan antara yang menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Mind Mapping dengan tanpa menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:27
Last Modified: 06 Jun 2022 02:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18373

Actions (login required)

View Item View Item