Retorika Dakwah Dalam Kegiatan Muhadharah Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan

Kurniawaty, Azizah (2022) Retorika Dakwah Dalam Kegiatan Muhadharah Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AZIZAH UNTUK THESIS IAIN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kurniawaty, Azizah. 2022. Retorika Dakwah Dalam Kegiatan Muhadharah di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Kayyis Fithri Ajhuri, M.A
Kata Kunci: Retorika, Dakwah, Muhadharah, Da>‘i, Pesantren
Retrorika menjadi aspek penting dalam kegiatan dakwah. Dengan adanya retorika atau seni berbicara, tujuan utama dakwah yaitu mengajak kebaikan dengan menyampaikan pesan dari komunikator atau da>‘i kepada komunikan atau mad’u> terlaksana dengan baik. Muhadharah menjadi salah satu kegiatan yang mewadahi dan membentuk da>‘i-da>‘iyah berkarakter untuk menyebarkan agama Islam. Melalui kegiatan ini, maka dapat diketahui bahwa muhadharah memiliki berbagai manfaat dan ilmu retorika dapat disalurkan melalui kegiatan ini.
Dari paparan tersebut dapat dirumuskan masalah antara lain: pertama, bagaimana pelaksanaan kegiatan muhadhoroh di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo. Kedua, bagaimana implementasi ilmu retorika da>‘i dalam kegiatan muhadhoroh di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo. Ketiga apa hambatan dan solusi da>‘i dalam menerapkan retorika dakwah pada kegiatan muhadhoroh di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan penelitian di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan tempat dilaksanakannya muhadharah pada setiap malam Jumat Pahing dan mengikuti seluruh rangkaian acara muhadharah dan wawancara pada beberapa narasumber seperti Pengasuh Pondok Tahfidzul Qur’an Al-Hasan, Ketua pondok (lurah), pengurus pendidikan, peserta muhadharah (da>‘i) dan beberapa asatidz.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan dilaksanakan sebagai agenda rutin yang bertujuan untuk melatih mental para santri serta membagi ilmu yang dimiliki dengan keterampilan berbicara di depan khalayak yaitu seluruh santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan. Kedua, belum sepenuhnya seluruh santri memahami apa arti retorika secara bahasa, hal tersebut dilihat dari hasil wawancara pada penelitian ini. Namun, mereka memahami praktek dari ilmu retorika dengan berpidato sesuai standarisasi dakwah. Akses internet juga menjadi bahan belajar mereka (para da>‘i) untuk berpidato sebaik mungkin pada saat kegiatan muhadharah. Dari data yang diperoleh peneliti, sebagian dari da>‘i’-da>‘iyah memiliki hambatan saat menyampaikan ilmu retorika. Seperti grogi atau ndredeg, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, pihak pengurus pendidikan telah memberi evaluasi pada setiap akhir acara juga menjadi salah satu faktor pembaharuan agar da>‘i dapat berbenah diri dan semangat berlatih untuk menjadi mubaligh yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:02
Last Modified: 06 Jun 2022 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18364

Actions (login required)

View Item View Item