Strategi Pemasaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Hijrah Pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Solo

Febrianto, Rozy Ardi (2022) Strategi Pemasaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Hijrah Pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Solo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210816074_Rozy Ardi Febrianto_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Febrianto, Rozy Ardi. 2022. Strategi Pemasaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Hijrah Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Solo. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam/Perbankan Syariah. Pembimbing Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag.

Kata Kunci: KPR Hijrah, Strategi, Marketing, Bank Muamalat, Marketing Mix
Pemasaran merupakan kegiatan yang wajib dilakukan setiap perusahaan. Bank Mumalat hadir dengan produk KPR Hijrah yang merupakan salah satu produk unggulan pembiayaan konsumer. Secara teori strategi pemasaran mampu mencapai tujuan perusahaan yaiutu menghasilkan keuntungan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa strategi pemasaran produk pembiayaan KPR Hijrah dan untuk mengetahui strategi yang paling dominan dalam meningkatkan jumlah pembiayaan serta dampak penerapan strategi pemasaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Hijrah pada Bank Muamalat Cabang Solo .
Jenis penelitian yang digunakan oleh penyusun yaitu jenis penelitian lapangan (fieldresearch) dan menggunakan pendekatan secara kualitatif. Lokasi penelitian adalah di Bank Muamalat yang beralamatkan di Jl. Slamet Riyadi No. 314 Solo. Teknik pengumpulan data yang digunakan penyusun yaitu menggunakan metode wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan menggunakan bauran pemasaran 4P(Product, Price, Place, and Promotion). Sedangkan strategi yang paling dominan adalah strategi promosi dimana pihak bank memberikan promo-promo milad. Dampak penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah pembiayaan sudah baik, hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Hijrah. Pemasaran yang dilakukan Bank Muamalat Cabang Solo sudah sesuai syariah dan selalu mengedepankan pelayanan yang optimal serta menjunjung tinggi etika, moral dan akhlak dalam segala kegiatan operasionalnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:00
Last Modified: 06 Jun 2022 02:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18362

Actions (login required)

View Item View Item