Strategi Pemasaran Pedagang Bakso di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga

Nawawi, Nur Amin (2022) Strategi Pemasaran Pedagang Bakso di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Nur Amin Nawawi 401180080.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nawawi, Nur Amin. Strategi Pemasaran Pedagang Bakso di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga. Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Intitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing: Ridho Rokamah, M.Si.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Kesejahteraan Keluarga
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pendapatan para pedagang bakso di kecamatan poncol mulai menurun dibandingkan tahun sebelumnya karena berkurangnya para pengunjung, hal ini terjadi sejak setahun terakhir. Pedagang bakso di kecamatan poncol ini sebenarnya sudah menerapkan strategi pemasaran akan tetapi belum berdampak besar terhadap tingkat kesejahteraan keluarga.
Tujuan penelitian ini adalah: A) Untuk mengetahui strategi pemasaranyang sudah di terapkan pedagang bakso Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. B) Untuk mengetahui Strategi pemasaran apakah yang dominan dan digunakan pedagang bakso di kecamatan poncol kabupaten magetan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. C) Untuk mengetahui dampak penerapan strategi pemasaran pedagang bakso di kecamatan Poncol kabupaten Magetan terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan. Penelitian ini mengutakan metode kualitatif, yang menjelaskan tentang Strategi Pemasaran Pedagang Bakso di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga. Data yang diperoleh yakni data-data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian menjelaskannya dalam bentuk uraian kata-kata bukan berupa angka yang selanjutnya dipaparkan dalam bentuk laporan bersifat analisis.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang bakso di Kecamatan Poncol adalah strategi Product, price, place, promotion sebagaimana teori Kotler dimana dalam sebuah usaha harus menerapkan 4 teori pemasaran tersebut. 2) Strategi pemasaran yang dominan dan di gunakan pedagang bakso di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan yaitu strategi produk, meskipun mereka menerapkan ke 4 strategi pemasaran menurut Kotler akan tetapi strategi yang dominan adalah strategi produk. 3) Dampak strategi pemasaran terhadap tingkat kesejahteraan keluarga pedagang bakso di kecamatan poncol kabupaten magetan berada di tingkatan keluarga sejahtera Tahap I menurut Soetjipto yaitu keluarga yang telah dapat memenuhi kebutuhan dasarnya secara minimal, tetapi belum dapat memenuhi keseluruhan kebutuhan sosial psikologisnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:32
Last Modified: 06 Jun 2022 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18353

Actions (login required)

View Item View Item