peran guru pai sebagai motivator dalam menjaga kualitas hasil belajar masa pandemi covid-19 siswa smpit qurrotaa’yun ponorogo

Imani, Iibadurrohman Tsabit (2022) peran guru pai sebagai motivator dalam menjaga kualitas hasil belajar masa pandemi covid-19 siswa smpit qurrotaa’yun ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317310_IBADURROHMAN TSABIT IMANI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dimasa pandemi Covid-19 ini Guru memiliki peranan yang banyak seperti guru sebagai motivator, guru sebagai initiator,guru sebagai evaluator dan masih banyak lagi. Melalui peran-peran tersebut guru diharapkan dapat menjaga kualitas belajar di masa pandemi yang sedang berlangsung agar kualitas belajar peserta didik tidak menurun. Tentunya dalam menerapkan peran guru sebagai motivator memiliki banyak sekali hambatan terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang guru harus dituntut ekstra dalam mendongkrak motivasi belajar peserta didik dalam belajar agar tidak turun.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru PAI sebagai motivator dalam menjaga kualitas hasil belajar masa pandemi siswa SMPIT Qurrota’ayun (2) untuk mendeskripsikan bagaimana kendala guru PAI sebagai motivator dalam menjaga kualitas hasil belajar masa pandemi siswa SMPIT Qurrota’ayun (3) untuk mendeskripsikan bagaimana kualitas hasil belajar PAI masa pandemi siswa SMPIT Qurrota’ayun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualilitatif dengan jenis studi kasus. Mengambil lokasi di SMPIT Qurrotaa’yun Ponorogo. Objek penelitian ini adalah guru PAI SMPIT Qurrotaa’yu Ponorogo. Teknis analisis data menggunakan teknis analisis dan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan
Berdasarkan pembahasan dan temuan penelitian bahwa (1) stategi guru PAI dalam menjaga kualitas hasil belajar siswa ketika pandemi adalah menggunakan metode ceramah sembari memberikan motivasi dan nasehat-nasehat yang berkaitan tentang kewajiban dalam belajar, memberikan ucapan terima kasih ketika siswa berhasil menyelesaikan tugas atau menjawab pertanyaan guru juga memberikan akses untuk melihat nilai mereka (2) untuk faktor penghambat dalam pembelajaran ketika pandemi adalah siswa yang mudah bosan serta kurangnya dukungan dari orang tua (3) kualitas hasil belajar siswa tergolong naik dari segi nilai rata-rata ulangan semester dari tengah semester menuju akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:26
Last Modified: 06 Jun 2022 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18349

Actions (login required)

View Item View Item