Implementasi Pembelajaran PAI dalam Kegiatan Adiwiyata Sebagai Pengoptimalan Cinta Lingkungan pada Siswa MTsN 6 Ponorogo

Arifningtias, Novi Eka (2022) Implementasi Pembelajaran PAI dalam Kegiatan Adiwiyata Sebagai Pengoptimalan Cinta Lingkungan pada Siswa MTsN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180394_Novi Eka Arifningtias_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Arifningtias, Novi Eka. 2022. Implementasi Pembelajaran PAI dalam Kegiatan Adiwiyata Sebagai Pengoptimalan Cinta Lingkungan pada Siswa MTsN 6 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Prof. Dr. S. Maryam Yusuf. M.Ag.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Adiwiyata, Cinta Lingkungan
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan pembelajaran yang selalu ada pada jenjang sekolah, begitu banyak upaya yang dilakukan pendidik untuk meningkatkan sikap spiritual yang ada pada diri siswa setiap generasi bangsa dari masa-kemasa sesuai perkembangan zamannya. Semua mata pelajaran bisa dikaitkan pada kegiatan adiwiyata termasuk pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Program adiwiyata bermula pada program wajib dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ponorogo yang dilimpahkan melalui Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo dan selanjutnya dilimpahkan kepada sekolah-sekolah yang ada di Ponorogo termasuk di MTsN 6 Ponorogo. Upaya pemerintah dengan adanya program adiwiyata bertujuan untuk membentuk kebiasaan baik dalam menjaga, melindungi, dan melestarikan lingkungan hidup agar lingkungan menjadi bersih, sehat, nyaman dan terhindar dari segala bencana yang sering terjadi. Upaya pemerintah juga menjadikan generasi muda membentuk moral dan akhlak yang baik tidak hanya kepada orang tua dan guru melainkan juga terhadap lingkungan sekitar, tumbuhan serta hewan. Program sekolah adiwiyata bertujuan agar peserta didik memiliki kebiasaan yang baik untuk merawat dan melindungi tanaman, tidak membuang sampah sembarngan, dan bisa memanfaatkan bahan sampah organik menjadi pupuk, dan bahan sampah non organik menjadi kerajinan yang bisa menjadi hiasan dan juga nilai jual tersendiri.
Tujuan penelitian ini untuk (1) Menjelaskan implementasi pembelajaran PAI dalam kegiatan adiwiyata (2) Mengaplikasikan proses pembelajaran PAI dalam kegiatan adiwiyata terhadap sikap cinta lingkungan (3) Mendeskripsikan adanya faktor pendukung maupun penghambat pada pelaksanaan pembelajaran PAI dan.
Menjawab rumusan di atas, rancangan yang dilakukan oleh peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara deskriptif melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan di MTsN 6 Ponorogo oleh 4 Guru PAI (Al-Qur’an Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, Akidah Akhlak, dan Fikih), dengan 1 Guru Ketua Adiwiyata MTsN 6 Ponorogo, dan Ada 3 Siswa perwakilan dari kelas 7,8, dan kelas 9 untuk memperoleh pengumpulan data.
Berdasarkan hasil temuan analisis data bahwa (1) Pada semua pembelajaan PAI program adiwiyata berpacu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Adiwiyata, Tidak adanya perbedaan secara signifikan antara RPP Kemendikbut dengan RPP Adiwiyata yaitu (a) Kompetensi Dasar, Indikator, serta materi ada kaitannya dengan lingkungan. (b) RPP adiwiyata terintegritas pada RPP Permendiknas pada semua mata pelajaran baik mata pelajaran umum maupun agama. (c) Metode pembelajaran pada RPP adiwiyata lebih variatif. (2) Implikasi pembelajaran PAI terhadap sikap cinta lingkungan siswa yaitu (a) Pembelajaran Akidah Akhlak materi adap terhadap lingkungan. (b) Pembelajaran SKI materi kebiasaan baik khulafaurrosyidin terhadap lingkungan. (c) Pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi Hadits tentang kelestarian Alam. (d) Pembelajaran Fikih materi Bersuci dari Hadats dan Najis praktek thaharah (bersuci) diharapkan peserta didik untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan terutama tempat beribadah. (3) Manfaat adanya program adiwiyata yaitu (a) Semua warga madrasah peduli terhadap lingkungan, (b) Lingkungan menjadi sejuk, bersih, dan rapi (c) Semua pembelajaran bisa dikaitkan dengan lingkungan (d) Siswa semakin antusias dan senang ketika melakukan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:23
Last Modified: 06 Jun 2022 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18346

Actions (login required)

View Item View Item