Strategi Guru Fikih dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Online untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa (Studi Kasus di MAN 1 Ponorogo)

Septiyaningrum, Dyna Prasetya (2022) Strategi Guru Fikih dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Online untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa (Studi Kasus di MAN 1 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317217_DYNA PRASETYA SEPTIYANINGRUM_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Septiyaningrum, Dyna Prasetya . 2021/2022.Strategi Guru Fikih Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Online Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa (Studi Kasus di MAN 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Fery Diantoro, M.Pd.I.
Kata Kunci: Guru Fikih, Media Pembelajaran Online.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien dalam upaya mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan. Guru fikih dalam memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik secara online berdasar pada sistem pembelajaran yang ditetapkan oleh pemerintah disebabkan oleh wabahnya Covid-19 sehingga mempengaruhi keterbatasan belajar mengajar. Harapannya media pembelajaran ini dapat menjadi salah satu upaya dalam mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi karena sekarang ini telah memasuki dunia berbasis digital
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menjelaskan bagaimana guru fikih mendesain media pembelajaran online (2) Untuk menjelaskan bagaimana implementasi penggunaan media pembelajaran oleh guru fikih (3) Untuk menjelaskan bagaimana implikasi dari media pembelajaran online.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus yaitu penelitian dengan karakter masalah dan kondisi dari subjek dengan pendekatan kualititatif.. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menurut Miles dan Hubermen dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah (1) Peran guru fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ponorogo dalam mendesain media pembelajaran lebih mengutamakan bagaimana proses bahan ajar dan bahan pendukung lain untuk melaksanakan pembelajaran melalui platform media pembelajaran online. (2) Dengan adanya platform media pembelajaran online maka penggunaan dalam pengajaran dan pembelajaran secara tidak langsung dapat mendorong para pendidik untuk berinovasi dan mengembangkan kualitas pengajaran melalui fitur-fitur yang tersedia.(3) Implikasi dari penggunaan platform media pembelajaran online yaitu ketersediaan e-learning dianggap sangat penting dalam menunjang pembelajaran. Dukungan belajar dengan menggunakan media online ini menjadikan siswa tetap menerima pelajaran fikih maupun pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ferry Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:18
Last Modified: 06 Jun 2022 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18344

Actions (login required)

View Item View Item