...(PERBAIKI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, FORM PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BISA DIDOWNLOAD DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG)... ANALISIS SISTEM ETIKA ISLAM SYED NAWAB HAIDER NAQVI TERHADAP LEVELING OPTION JASA EKSPEDISI PADA SHOPEE MARKETPLACE

Lestari, Yosy Arik Putri (2022) ...(PERBAIKI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, FORM PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BISA DIDOWNLOAD DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG)... ANALISIS SISTEM ETIKA ISLAM SYED NAWAB HAIDER NAQVI TERHADAP LEVELING OPTION JASA EKSPEDISI PADA SHOPEE MARKETPLACE. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS YOSY PERPUS .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kebijakan baru pada sistem pemilihan jasa eskpedisi di Shopee Marketplace, yakni kebijakan leveling option, awalnya pembeli dapat memilih per jasa ekspedisi menjadi hanya dapat memilih per tipe jasa ekspedisi saja dan dari pembeli dapat memilih harga per ekspedisi menjadi satu sistem harga per tipe ekspedisi saja. Penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Penulisan ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana analisis etika bisnis Islam terhadap hak pembeli untuk memilih jasa ekspedisi pada Shopee marketplace dan bagaimana analisis etika bisnis Islam terhadap perubahan penetuan harga jasa ekspedisi pada Shopee marketplace. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan leveling option dalam aspek hak pilih pembeli terhadap jasa ekspedisi belum dapat menceminkan nilai-nilai keadilan secara keseluruhan karena ada hak memilih harga dan hak memilih kualitas jasa ekspedisi yang belum sesuai dengan aksioma tauhid, kesetimbangan, kehendak bebas dan pertanggungjawaban, namun untuk hak memilih estimasi waktu sudah menerapkan empat aksioma tersebut karena sudah sesuai tujuan awal program tersebut dan adanaya fitur ubah jasa ekspedisi. Perubahan penentuan harga dengan satu sistem harga belum memberikan keadilan secara keseluruhan jika dipandang menggunakan empat aksioma karena dengan adanya sistem satu harga justru memicu munculnya kesenjangan antara pembeli yang berada pada kondisi geografis jauh dari kota dengan beban ongkos kirim melebihi nilai voucher gratis ongkos kirim. Mereka sangat terdampak karena gagal mendapatkan harga terbaik, sedangkan pembeli yang berada pada kondisi geografis dekat dari kota dengan beban ongkos kirim tidak melebihi nilai voucher gratis ongkos kirim tidak terlalu terdampak karena dapat menggunakan voucher gratis ongkos kirim untuk mendapat harga terbaik.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: AJI DAMANURI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2022 06:48
Last Modified: 03 Jun 2022 06:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18342

Actions (login required)

View Item View Item