..(IKUTI PANDUAN UPLOAD SKRIPSI DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..IMPLEMENTASI MODEL BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI ( Studi Kasus di Tarbiyatl Athfal Al Manaar Al Islamiyah Ngabar Ponorogo)

Hasanah, Ika uswatun (2022) ..(IKUTI PANDUAN UPLOAD SKRIPSI DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..IMPLEMENTASI MODEL BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI ( Studi Kasus di Tarbiyatl Athfal Al Manaar Al Islamiyah Ngabar Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi ika lengkap Lengkap (Repaired).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ika,Uswatun Hasanah. 2019. Implementasi Model Beyond Centers And Circle Time (Bcct) Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini ( Studi Kasus Di Tarbiyatl Athfal Al Manaar Al Islamiyah Ngabar Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag
Kata kunci: Model Pembelajaran BCCT, Kreatifitas
Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling mendasar menempati porsi yang sangat strategis dalam pengembangan sumber daya manusia. Periode ini merupakan periode kondusif untuk menumbuhkembangkan berbagai kemampuan fisiologis, kognitif, bahasa, sosioemosional, dan spiritual. Pendekatan BCCT lebih dikenal dengan sebuah sistem pembelajaran sentra dengan menggunakan prinsip yang terpusat dan fokus dalam lingkunga-lingkungan kecil. Pendekatan pembelajaran ini bertujuan untuk membangun segenap potensi anak tumbuh dan akalnya berfungsi secara positif dan optimal Peneliti menemukan permasalahan tentang perkembangan kreatifitas anak di Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo, diantaranya: ada beberapa anak belum menemukan imajinasinya, seperti: anak belum mampu menggamabar atau berkrya tanpa ada arahan dari guru.
Penelitian ini bertujuan untuk ; (1)Untuk mendiskripsikan langkah-langkah guru dalam mengembangkan kreativitas Anak Usia Dini dengan menggunakan model pembelajaran BCCT pada tahap perencanaan di Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo; (2) Untuk mendiskripsikan langkah-langkah guru dalam mengembangkan kreativitas Anak Usia Dini dengan menggunakan model pembelajaran BCCT pada tahap proses di Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo; (3)Untuk mendiskripsikan tingkat kreativitas Anak Usia Dini setelah guru menerapkan model pembelajaran BCCT di Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles Huberman, dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) perencanaan dalam model pembelajaran meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan mempersiapkan administrasi dengan semaksimal mungkin. ) Persiapan, guru melakukan persiapan dengan cara meningkatkan kualitas pemahaman guru terhadap model pembelajaran BCCT. Pihak sekolah melakukan stady banding dan pelatihan di berbagai lembaga,persiapan tempat dan juga APE, maupun persiapan administrasi seperti RPPH,RPPM; (2) penataan lingkungan bermainlingkungan main ini sangat berpengaruh dengan hasil pembelajaran terhadap anak, tempat yang tidak nyaman atau tidak sesuei dengan keadaan anak maka anak akan sulit untuk diajak belajar dan anak akan mudah bosan. Sebelum peserta didik masuk, pendidik harus menyiapakan tempat terlebih dahulu. (3) Penyambutan anak merupakan bagian dari tahap proses pembelajaran BCCT yang dilaksanakan di Tarbiyatul Athfal Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo,guru disini diwajibkan datang lebih pagi, untuk yang piket.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:09
Last Modified: 03 Jun 2022 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18333

Actions (login required)

View Item View Item