Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Diniyah Al Istiqomah Doho Dolopo Madiun Tahun Ajaran 2021/2022

Zenaida, Yovi Carina (2022) Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Diniyah Al Istiqomah Doho Dolopo Madiun Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180238_YOVI CARINA ZENAIDA_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zenaida, Yovi Carina, 2022. Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Diniyah Al Istiqomah Doho Dolopo Madiun. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Umar Sidiq, M. Ag.

Kata Kunci : Peran Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan, Madrasah Diniyah.
Untuk menghasilkan manusia yang lebih baik, dibutuhkan lembaga pendidikan yang mampu memberikan pendidikan yang bermutu. Pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang mampu memberikan hasil yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan baik itu berupa pelayanan atau hasil yang diberikan. Karena apabila kita berbicara mengenai mutu selalu berkaitan dengan pelanggan, pembeli, pemakai produk dan jasa, yang dihasilkan oleh suatu lembaga atau perseorangan. Mutu pendidikan dimaksudkan kemampuan lembaga pendidikan dalam memanfaatkan sumber-sumber pendidikan yang ada untuk dapat meningkatkan kemampuan belajar seoptimal mungkin. Karena itu lembaga pendidikan harus terus dapat berkembang dalam meningkatkan mutu lulusannya, dengan menyesuaikan perkembangan zaman. Di sini peran kepala madrasah sebagai pemimpin sangat dibutuhkan guna meningkatkan mutu pendidikan di lembaga pendidikan yang dipimpinnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran kepala Madrasah dalam meningkatkan standar kompetensi lulusan di Madrasah Diniyah Al Istiqomah Doho Dolopo Madiun, (2) mendeskripsikan peran kepala madrasah dalam meningkatkan standar isi di Madrasah Diniyah Al Istiqomah Doho Dolopo Madiun. (3) memaparkan peran kepala madrasah dalam meningkatkan standar penilaian di Madrasah Diniyah Al Istiqomah Doho Dolopo Madiun.
Pada penulisan penelitian ini, untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian direncanakan dengan rancangan deskriptif kualitatif studi kasus di Madrasah Diniyah Al Istiqomah Doho Dolopo Madiun. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan metode analisis data dari Miles dan Huberman, yang mencangkup pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data kemudian kesimpulan agar memperoleh hasil terbaik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Diniyah Al Istiqomah Doho Dolopo Madiun, yaitu : 1) Peran kepala madrasah sebagai leader atau pemimpin sudah mampu meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Diniyah Al Istiqomah melalui diterapkan dan ditingkatkannya standar kompetensi lulusan yang sesuai dengan peraturan pemerintah dengan berpegang pada aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek afektif. 2) Kepala madrasah sebagai pemimpin dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui penerapan dan peningkatan standar isi di Madrasah Diniyah Al Istiqomah Doho Dolopo Madiun sudah cukup baik dengan adanya kurikulum yang dapat dijadikan pedoman guru untuk menyampaikan materi kepada santri. 3) Kepala madrasah sebagai leader atau pemimpin dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui penerapan dan peningkatan standar penilaian di Madrasah Diniyah Al Istiqomah Doho Dolopo Madiun sudah cukup baik meskipun masih ada beberapa permasalahan namun kepala madrasah dapat mencari solusi dengan baik. Standar penilaian di Madrasah Diniyah Al Istiqomah berdasarkan jenisnya melalui penilaian nontes yakni dengan pengamatan terhadap perilaku santri. Sedangkan berdasarkan waktunya dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian dan ujian akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:07
Last Modified: 03 Jun 2022 02:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18332

Actions (login required)

View Item View Item