..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Analisis Teknik Penulisan Berita dalam Meningkatkan Kualitas Berita pada Media Sosial YouTube Jurnal 12

Putri, Hanifah Priyani (2022) ..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Analisis Teknik Penulisan Berita dalam Meningkatkan Kualitas Berita pada Media Sosial YouTube Jurnal 12. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Merged_files_env996e9.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa berita di sosial media YouTube Jurnal 12 menyajikan berita dengan topik politik, prestasi dan capaian Indonesia. Mengusung topik prestasi Indonesia Jurnal 12 mendapatkan jumlah penonton hingga puluhan ribu. Sementara itu secara teknis berita yang baik dan layak muat ada. Oleh karena itu peneliti memutuskan rumusan masalah dan bertujuan hendak mengetahui: (1) teknik penulisan berita yang digunakan pada Jurnal 12, (2) uapaya Jurnal 12 untuk meningkatkan kualitas berita.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan prosedur pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Selanjutnya diamati menggunakan teori news value dan teori tentang penulisan berita.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1)teknik penulisan berita pada edisi 1-31 Oktober 2021 Jurnal 12 belum memenuhi kaidah penulisan berita. Jurnal 12 tidak menggunakan lead (teras berita), kurang maksimalnya penggunaan unsur ‘kapan’ dalam merumuskan berita. Jurnal 12 menggunakan struktur piramida terbalik dan selalu menggunakan kutipan dalam setiap berita. (2) upaya meningkatkan kualitas berita Jurnal 12 fokus dalam meningkatkan unsur penting, tokoh, konflik, akurasi dan aktualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:05
Last Modified: 03 Jun 2022 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18331

Actions (login required)

View Item View Item