..(PELAJARI PANDUAN UPLOAD SKRIPSI DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Pada Pembelajaran Luring di KB Roudlotul Ulum Totokan, MlarakKabupaten Ponorogo

Liana, Septi Dwi (2022) ..(PELAJARI PANDUAN UPLOAD SKRIPSI DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Pada Pembelajaran Luring di KB Roudlotul Ulum Totokan, MlarakKabupaten Ponorogo. Other thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Cek Septi Dwi Liana.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilaksanakan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak sebagai persiapan untuk pendidikan lebih lanjut. Menurut Pasal 1 Ayat 14 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa pendidikan anak usia dini dapat dilakukan melalui pendidikan formal, pendidikan nonformal, dan pendidikan nonformal. Pendidikan formal meliputi Taman Kanak-kanak (TK), Taman Kanak-Kanak Athfal (RA), Taman Kanak-Kanak Athfal atau bentuk lain yang sederajat. Pendidikan nonformal meliputi kelompok bermain, pusat penitipan anak, atau bentuk lain yang setara. Pendidikan nonformal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan berwawasan lingkungan.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di KB Roudlotul ulum totokan mlarak ponorogo.Sumber data dari penelitian ini data primer dan skunder.Teknik analisis data yang digunakan meliputi: Reduksi data,display data,dan kesimpulan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia dini pada pembelajaran luring di KB Roudlotul ulum.Hasil dari penelitian ini di ketahui bahwa berbagai macam usaha dan upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan sosial anak yakni berupa keberagamaan model pembelajaran,inovasi permainan,dan pembiasaan.
Kata kunci: Peran guru,kemampuan sosial anak,pembelajaraan luring

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0399 Other Chemical Sciences > 039999 Chemical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:02
Last Modified: 03 Jun 2022 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18328

Actions (login required)

View Item View Item