Analisis Strategi Personal Selling Pada Aplikasi Mobile Banking Al Maun Di PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo

Dewanty, Arum (2022) Analisis Strategi Personal Selling Pada Aplikasi Mobile Banking Al Maun Di PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
arumdewanty_uploadetheses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo merupakan lembaga keuangan syariah yang memiliki layanan Mobile Banking. Layanan tersebut hadir sebagai aplikasi berbasis teknologi masa kini dimana transaksi perbankan dapat berlangsung secara digital. Namun di sisi lain, terdapat beberapa nasabah yang belum bersedia menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini menjadi acuan bagi PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo untuk memasarkan aplikasi Mobile Banking melalui strategi personal selling.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan strategi personal selling pada aplikasi Mobile Banking di PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo? Apa faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi personal selling pada aplikasi Mobile Banking di PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo? Apa faktor penghambat dalam pelaksanaan strategi personal selling pada aplikasi Mobile Banking di PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo? Bagaimana dampak pelaksanaan strategi personal selling pada aplikasi Mobile Banking di PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan kualitatif. Data dan sumber data diperoleh dari pihak PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Teknik pengumpulan data melalui wawancara observasi, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan metode deduktif.
Hasil penelitian menyimpulkan tahapan personal selling yang dilakukan PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo adalah memilih calon pelanggan, pendekatan, presentasi produk, menangani keberatan pelanggan, penutup penjualan, dan tindak lanjut. Faktor pendukung personal selling adalah faktor motivasi, sikap yakin, pertumbuhan ekonomi, sarana-prasarana, dan sikap percaya diri. Faktor penghambat personal selling adalah faktor kesalahan memilih sasaran, kendala sosial dan pemerintah, serta biaya tinggi. Dampak personal selling bagi PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo adalah popularitas aplikasi Mobile Banking Al Maun menjadi semakin dikenal oleh masyarakat, terjadi hubungan yang baru antara tenaga pemasar dan nasabah, serta meningkatnya jumlah pengguna aplikasi tersebut. Sedangkan dampak personal selling bagi nasabah adalah pengetahuan mereka semakin bertambah dan lebih mengenal aplikasi Mobile Banking Al Maun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2022 05:32
Last Modified: 02 Jun 2022 05:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18311

Actions (login required)

View Item View Item