Efektivitas Pemberian Bantuan Program Jatim Puspa (Jawa Timur Pemberdayaan Usaha Perempuan) Untuk Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Di Desa Sawoo Kabupaten Ponorogo

Nuryana, Wiwin (2022) Efektivitas Pemberian Bantuan Program Jatim Puspa (Jawa Timur Pemberdayaan Usaha Perempuan) Untuk Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Di Desa Sawoo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180333_Wiwin Nuryana_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Jatim Puspa merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam penanganan dampak Covid-19 untuk meningkatkan pendapatan masyarakat terdampak sehingga dapat pulih, meningkat ketahanan sosial dan ekonominya. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pemberian bantuan program Jatim Puspa kepada Keluarga Penerima Manfaat untuk meningkatkan perumbuhan ekonomi masyarakat dengan adanya teori yang ada dipadankan dengan dampak yang terjadi ketika pelaksanaan pemberian bantuan setelah penerimaan barang serta mampu mengetahui kendala yang terjadi sebelum dan setelah pemberian bantuan terkait penerimaan barang yang telah diserahkan kepada KPM.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 12 informan. Teori yang digunakan yakni teori pertumbuhan ekonomi, efektivitas program, dan bantuan program Jatim Puspa.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemberian Bantuan Program Jatim Puspa di Desa Sawoo, Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo sudah efektif atau sesuai dengan indikator efektivitas yang digunakan yakni ketepatan sasaran, adanya sosialisasi program, tercapainya tujuan program, dan pemantauan program. Namun masih harus diperbaiki di pemantauan program karena dengan pemberian program Jatim Puspa tidak bejalan sesuai tujuannya seperti kurangnya pemantauan secara merata oleh pihak panitia terhadap KPM penerima. Meskipun sudah efektif namun masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh KPM antara lain data kurang valid, kurang komunikasi, menggantungkan usaha kepada orang lain, keterbatasan promosi, serta sedikitnya keinginan dalam menjalankan usaha.
Kata Kunci : Jatim Puspa, Keluarga Penerima Manfaat, Efektivitas Program.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ajeng Wahyuni
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2022 02:52
Last Modified: 02 Jun 2022 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18307

Actions (login required)

View Item View Item