..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Fatwa DSN MUI Terhadap Standard Contract PT I Grow Resources Indonesia

Nur Aini, Latifah (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Fatwa DSN MUI Terhadap Standard Contract PT I Grow Resources Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
LATIFAH NUR AINI 2-ditandatangani.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aini, Nur Latifah. 2022. Tinjauan Fatwa DSN MUI Terhadap Standard Contract Pt I Grow Resources Indonesia. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing M.Ilham Tanzilulloh, M.H.I.
Kata kunci/keyword: Kontrak baku, Mudarabah, Wakalah bil Ujrah
Standard contract atau kontrak baku menjadi hal yang sangat penting untuk dibaca dan dipahami sebelum melakukan transaksi. Kontrak baku dalam Fatwa DSN MUI Nomor 117/DSN-MUI//II/2018 tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah menyebutkan bahwa kontrak baku harus memenuhi prinsip keseimbangan, keadilan dan kewajaran. Dalam prakteknya kontrak baku PT I Grow Resources Indonesia bertentangan dengan fatwa di atas diantaranya pembagian keuntungan berdasarkan persentase jumlah modal bukan dari keuntungan, pengalihan tanggung jawab jika terjadi kerugian atau hal-hal yang tidak sesuai dengan tujuan diadakanya pembiayaan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana analisis fatwa DSN MUI No: 115/DSN-MUI/IX/2017 terhadap pembagian margin fintech PT I Grow Resources Indonesia? Bagaimana analisis fatwa DSN MUI No: 113/DSN-MUI/IX/2017 terhadap pengalihan tanggung jawab PT I Grow Resources Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan objek penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah metode deduktif.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pembagian keuntungan I Grow bertentangan dangan Fatwa DSN No 117 dimana dalam fatwa disebutkan bahwa pembiayaan tidak diperbolehkan ada unsur riba sementara I Grow menetapkan jumlah keuntungan dengan nominal mutlak, hal ini dapat dipersamakan dengan riba yakni adanya penambahan atas penangguhan modal. Hal ini juga diperkuat dengan fatwa No 115 bahwa keuntungan mudarabah harus dibagi berdasarkan keuntungan yang didapat sehingga nominal bersifat fluktuatif. 2) Bentuk pelepasan tanggung jawab I Grow bertentangan dengan Fatwa DSN MUI. Dalam kontrak baku I Grow disebutkan bahwa I Grow mengalihkan tanggung jawabnya kepada pengelola modal apabila terjadi kerugian. Sedangkan ketentuan Fatwa DSN MUI No 117 menyatakan bahwa kontrak baku harus memenuhi unsur keseimbangan, keadilan dan kewajaran. Fatwa DSN MUI No 113 menyatakan bahwa dalam hal resiko pekerjaan penyelenggara tidak wajib menanggung kerugian kacuali jika penyelenggara melakukan mukholafah al-syuru>th, ta’addi, dan taqshi>r. Dalam ketentuan mengenai ta’addi yakni melakukan perbuatan yang seharusnya tidak dilakukan yakni I Grow semestinya tidak melakukan perbuatan lepas tangan begitu saja ketika terjadi masalah, kerugian ataupun keterlambatan dalam pemenuhan kewajiban pengelola modal. I Grow sebagai penyelenggara berperan sebagai surveyor yang bertugas memilih calon penerima modal, jenis usaha, perkembangan usaha sampai berakhirnya usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Ilham Tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2022 02:45
Last Modified: 02 Jun 2022 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18305

Actions (login required)

View Item View Item