Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Tebu Sistem Tebasan di Desa Takeran Kabupaten Magetan

Aisyah, Siti (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Tebu Sistem Tebasan di Desa Takeran Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI AISYAH etheses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aisyah, Siti, 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Tebu Sistem Tebasan di Desa Takeran Magetan.Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M.S.I.
Kata kunci/ keyword :Hukum Islam, Jual Beli Tebasan
Jual beli tebasan adalah membeli suatu barang dalam jumlah besar tanpa memilah antara yang memiliki kualitas baik dan kualitas yang kurang baik. Dalam praktiknya jual beli tebu sistem tebasan di Desa Takeran Kabupaten Magetan menggunakan penetapan harga yang mana pemborong membeli tebu sebelum masa panen sehingga penetapan harga tersebut tidak sesuai dengan syarat barang yang diserahkan pada waktu akad. Pada saat panen tebu pemborong dan petani sudah melakukan akad dengan memberikan harga sesuai dengan kesepakatan, namun pada waktu panen tebu ada kualitas yang tidak baik maka dari pihak pemborong melakukan pengurangan harga tebu tanpa ada kesepakatan dari petani karena kualitas tebu akan mengurangi harga kesepakatan diawal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penetapan harga jual beli tebu sistem tebasan di Desa Takeran Kabupaten Magetan? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pengurangan harga jual beli tebu sistem tebasan ketika panen di Desa TakeranKabupaten Magetan?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan (field research). Dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan analisis induktif adalah proses berfikir dari fakta-fakta empiris yang didapat dilapangan yang kemudian dianalisis, ditafsirkan, dan berakhir dengan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penetapan harga jual beli tebu sistem tebasan di Desa Takeran Kabupaten Magetan belum sesuai dengan hukum Islam, karena penetapannya memakai standar harga yang tidak jelas dan ditetapkan secara sepihak oleh pemborong. Sehingga menyebabkan kerugian pada pihak petani.(2) Pengurangan harga jual beli tebu sistem tebasan ketika panen di Desa Takeran Kabupaten Magetan tidak dibenarkan oleh hukum Islam, karena hanya ingin memperoleh keuntungan semata dan tidak melihat kerugian yang ditanggung oleh salah satu pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2022 02:39
Last Modified: 02 Jun 2022 02:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18299

Actions (login required)

View Item View Item