Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Mempertahankan Eksistensi Media Melalui Periklanan Di Radio Songgolangit FM Ponorogo

Indrawan, Yuvelia Cahya (2022) Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Mempertahankan Eksistensi Media Melalui Periklanan Di Radio Songgolangit FM Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YUVE_ETHESESNEW.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Era teknologi informasi dan komunikasi semakin mempermudah penggunanya untuk melakukan interaksi sosial. Di sisi lain, media konvensional menunjukkan penurunan dengan menempatkan salah satunya media radio di posisi tiga terbawah dalam mengakses sebuah informasi. Sementara itu, kelancaran jumlah pengiklan yang masuk juga menjadi acuan keberlangsungan hidup stasiun radio. Mengingat bahwa, iklan di radio menjadi hal pokok dalam pemenuhan operasional suatu perusahaan. Langkah untuk mempertahankan eksistensi diri radio ialah mengefektifkan komunikasi pemasaran terpadu melalui strategi yang tepat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran terpadu baik dalam perencanaan, implementasi dan evaluasi yang dilakukan Radio Songgolangit FM untuk mempertahankan eksistensi media. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan prosedur pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian meliputi bagian business manager, marketing support dan head announcer. Hasil perolehan data dilakukan analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menerangkan strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan Radio Songgolangit FM diantaranya melalui beberapa tahapan. Tahap perencanaan meliputi analisis kelebihan dan kekurangan Radio Songgolangit FM, identifikasi target klien pemasang iklan, edukasi pentingnya beriklan, penetapan anggaran iklan serta melakukan inovasi dalam pembuatan iklan untuk memuaskan klien. Tahapan implementasi komunikasi pemasaran terpadu Radio Songgolangit FM dengan menetapkan paket iklan melalui brosur, memberi bonus sebagai promosi penjualan, melakukan pendekatan personal secara langsung hingga melalui telepon serta dengan aktif mendatangi klien pemasang iklan sehingga Radio Songgolangit FM mendapatkan citra positif dari calon klien pemasang iklan. Tahap evaluasi dengan meninjau target perolehan iklan dan hambatan negosiasi harga dengan klien, aktif memberikan reward uang saku bagi karyawan yang berprestasi dan senantiasa menerima masukan positif bagi perkembangan Radio Songgolangit FM.

Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Eksistensi Media, Periklanan, Radio Songgolangit FM

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2022 07:43
Last Modified: 31 May 2022 07:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18290

Actions (login required)

View Item View Item