Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual Beli Umbi Porang Di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo

Setiawan, Hanif (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual Beli Umbi Porang Di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Hanif_Setiawan_UDAH_FIXX UPLOAD.pdf

Download (814kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Setiawan, Hanif. 2022 Tinjuan Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual Beli Umbi Porang di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I.
Kata Kunci: Hukum Islam, Transaksi Jual Beli, Penanggung Kerugian
Dalam melaksanakan aktivitas jual beli banyak hal yang perlu diperhatikan. Jual beli merupakan tukar menukar harta dengan harta dalam bentuk pemidahan milik dan kepemilikannya. Salah satu aktivitas jual beli yang dilakukan oleh masyarakat Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo adalah jual beli umbi porang. Transaksi tersebut berawal saat petani porang menjual hasil panennya ke pengepul yang akan dibeli dengan harga sesuai harga pasaran umbi porang pada saat itu. Pada saat umbi porang sudah masuk ke dalam pabrik, terjadi proses pemilahan. Dalam proses pemilahan tersebut, apabila ada umbi lain selain umbi porang maka akan dikembalikan ke pengepul. Dalam melakukan transaksi jual beli umbi porang dilakukan akad secara lisan dengan mengedepankan prinsip kepercayaan. Terdapat pada akad jual beli umbi porang di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo, yang menurut pertimbangan penulis menarik untuk diteliti.
Rumusan masalah dalam penlitian ini adalah: 1. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad dalam transaksi jual beli umbi porang di Desa Baosan Kidul Keacamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo? 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penanggung kerugian dalam transaksi jual beli umbi porang di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo?

Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Desa Baosan Kidul. Untuk mendapatkan data yang valid, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul, maka dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan metode berfikir induktif. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1. Akad dalam transaksi jual beli umbi porang di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo sesuai dalam hukum Islam. Karena transaksi jual beli umbi porang di Desa Baosan Kidul Keacamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo telah memenuhi rukun dan syarat jual beli. 2. Penanggung kerugian dalam transaksi jual beli umbi porang di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo sesuai dalam hukum Islam. Dalam hal ini, pihak pengepul bersedia menanggung kerugian yang ada akibat transaksi yang telah dilakukan dalam jual beli umbi porang di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Walaupun sebenarnya dalam perjanjian jual beli tersebut para pihak belum menyepakati siapa yang menanggung kerugian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2022 07:38
Last Modified: 31 May 2022 07:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18285

Actions (login required)

View Item View Item