Tinjauan Etika Bisnis Islam Dan Hukum Positif Terhadap Pengelolaan Peternakan Ayam Broiler Di Desa Majasem Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi

Yanti, Devi Vidya (2022) Tinjauan Etika Bisnis Islam Dan Hukum Positif Terhadap Pengelolaan Peternakan Ayam Broiler Di Desa Majasem Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
102180042_Devi Vidya Yanti_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam Permentan 31/Permentan/Ot.140/2/2014 telah disebutkan bahwa jarak peternakan ayam dengan pemikiman penduduk minimal 25 meter. Selain itu, pengelolaan serta sarana dan prasarana untuk keperluan kandang juga harus dipenuhi sesuai dengan etika bisnis Islam dan Permentan 31/Permentan/Ot.140/2/2014. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan peternakan ayam tidak menimbulkan permasalahan dalam lingkungan masyarakat. Namun dalam praktiknya beberapa Peternakan ayam yang ada di Desa Majasem Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi memiliki jarak cukup dekat dengan pemukiman penduduk, sehingga memberi dampak tertentu bagi lingkungan dari segi ekonomi, kebersihan lingkungan maupun kesehatan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan peternakan ayam broiler dan penyelesaian dampak peternakan yang dilakukan oleh peternak ayam ditinjau dari etika bisnis Islam dan hukum positif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis etika bisnis Islam terhadap tanggung jawab peternak ayam di Desa Majasem Kecamatan Kendal ? dan bagaimana tinjauan etika bisnis Islam dan hukum positif terhadap upaya preventif kerugian bagi pihak lain dalam peternakan ayam di Desa Majasem Kecamatan Kendal ?.
Penelitian ini termasuk salah satu jenis penelitian kualitatif yakni penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Peneliti hadir sebagai instrumen utama dalam proses peleksanaan penelitian. Sedangkan pengumpulan datanya menggunkan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama sarana dan prasarana yang digunakan dalam pengelolaan peternakan ayam broiler di desa Majasem belum sepenuhnya sesuai dengan Permentan 31/Permentan/Ot.140/2/2014. Sehingga upaya preventif yang dilakukan agar tidak menimbulkan kerugian bagi pihak lain masih dinilai kurang efektif dan belum maksimal. Kedua, penyelesaian dampak pelaksanaan peternakan ayam yang mengganggu masyarakat belum dilakukan oleh peternak ayam. Hal ini menunjukkan belum adanya pertanggungjawaban dari peternakan ayam sebagaimana prinsip etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Ilham Tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2022 03:56
Last Modified: 31 May 2022 03:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18283

Actions (login required)

View Item View Item