Upaya Penanaman Karakter Peduli Sosial dan Tanggung Jawab bagi Remaja Melalui Kegiatan Shalawat Al-Barzanji oleh Pengurus Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Kertosari Babadan Ponorogo

Elmawada, Nadya (2022) Upaya Penanaman Karakter Peduli Sosial dan Tanggung Jawab bagi Remaja Melalui Kegiatan Shalawat Al-Barzanji oleh Pengurus Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Kertosari Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180165_Nadya Elmawada_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Elmawada, Nadya. 2021. Upaya Penanaman Karakter Peduli Sosial dan Tanggung Jawab bagi Remaja Melalui Kegiatan Shalawat Al-Barzanji oleh Pengurus Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Kertosari Babadan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I.

Kata Kunci : Karakter Peduli Sosial, Karakter Tanggung Jawab, Shalawat Al-Barzanji
Penanaman karakter peduli sosial dan tanggung jawab bagi remaja tidak hanya dapat dilakukan di lingkungan keluarga dan sekolah, melainkan juga dapat dibentuk di lingkungan masyarakat. Dimana lingkungan masyarakat yang baik akan membawa pengaruh baik pula untuk remaja, begitu juga sebaliknya. Karakter peduli sosial dan tanggung jawab bagi remaja dapat ditanamkan melalui suatu kegiatan di organisasi keagamaan yang ada di masyarakat, salah satunya melalui kegiatan Shalawat Al-Barzanji di Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Kertosari Babadan Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kegiatan Shalawat Al-Barzanji di Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Kertosari Babadan Ponorogo, (2) Mendeskripsikan bagaimana upaya penanaman karakter peduli sosial dan tanggung jawab remaja melalui kegiatan Shalawat Al-Barzanji di Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Kertosari Babadan Ponorogo, (3) Mendeskripsikan bagaimana dampak kegiatan Shalawat Al-Barzanji terhadap karakter peduli sosial dan tanggung jawab remaja di Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Kertosari Babadan Ponorogo, (4) Mendeskripsikan apa problematika pengurus Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Kertosari Babadan Ponorogo dalam penanaman karakter peduli sosial dan tanggung jawab bagi remaja melalui kegiatan Shalawat Al-Barzanji.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Kegiatan Shalawat Al-Barzanji di Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Kertosari Babadan Ponorogo dilaksanakan rutin selapan atau 35 hari sekali di bawah koordinasi departemen dakwah dengan susunan acara, peserta, dan tempat pelaksanaan kegiatan yang sudah ditentukan sebelumnya. (2) Upaya penanaman karakter peduli sosial dan tanggung jawab berawal dari pemberian tugas kepada remaja sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan memastikan para remaja melaksanakan tugasnya dengan baik. (3) Dampak pelaksanaan kegiatan rutin Shalawat Al-Barzanji di Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU dapat menanamkan karakter peduli sosial dan tanggung jawab bagi remaja secara signifikan. Dengan adanya divisi-divisi yang dibentuk oleh pengurus, mampu membuat para remaja saling gotong royong agar pekerjaan segera selesai dan melaksanakan tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab. (4) Problematika yang dihadapi pengurus Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Kertosari dalam penanaman karakter peduli sosial dan tanggung jawab di antaranya, sulitnya mengajak anggota atau remaja untuk berkumpul, kurangnya kesadaran anggota atau remaja atas tugas yang diberikan, kurangnya solidaritas dan prioritas dalam organisasi, banyak anggota yang didominasi oleh remaja awal, serta kurang terjalinnya keharmonisan antara anggota atau remaja dengan pengurus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2022 03:53
Last Modified: 31 May 2022 03:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18275

Actions (login required)

View Item View Item