MANAJEMEN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI (Studi Kasus Siswa Kelas 7 MTs Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo)

Nikmah, Luluk Ulfa Lailatun (2022) MANAJEMEN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI (Studi Kasus Siswa Kelas 7 MTs Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo). Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
502200019_LULUK ULFA LAILATUN NIKMAH_MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang manajemen pendidikan keluarga dalam merefungsional pendidikan keluarga dalam mendukung program sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran daring terutama peran orang tua dalam mendampingi siswa belajar serta bagaimaimana meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui manajemen pendidikan dalam pelaksanaan pembelajaran daring dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. (2) Mengkritisi Faktor pendukung serta kendala yang dihadapi oleh orangtua dan guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di masa pandemi. (3) Menganalisis implikasi dari penerapan manajemen pendidikan keluarga dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di masa pandemi.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan manajemen pendidikan di MTs Darul Fikri terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pergerakan dan pengawasan/evaluasi. Manajemen pendidikan dilaksanakan agar tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai. (2) Faktor pendukung dalam pembelajaran daring diantaranya adalah peran serta pola asuh orang tua dalam mendampingi anak belajar, memfasilitasi pembelajaran daring, sedangkan faktor hambatannya yaitu faktor perekonomian dan juga kemampuan dalam menggunakan teknologi. (3) Dampak pendidikan keluarga meningkatkan kemandirian belajar siswa yakni keaktifan dalam mengikuti pembelajaran daring dan juga ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2022 06:41
Last Modified: 30 May 2022 06:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18263

Actions (login required)

View Item View Item