Perbudakan Menurut Buya Hamka dalam Tafsir Al-Azhar

Ramadhani, Regita Dyah (2022) Perbudakan Menurut Buya Hamka dalam Tafsir Al-Azhar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRISI-REGITA DYAH-IAT 2018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perbudakan adalah salah satu permasalahan sosial namun sangat kental berlaku di dalam masyarakat jauh sebelum al-Qur’an diturunkan. Perbudakan juga merupakan bagian integral sejarah peradaban umat manusia. Praktek perbudakan sendiri sebenarnya sudah ada sejak sebelum Nabi dilahirkan. Prakteknyapun berbeda-beda. Akibatnya hal tersebut mempengaruhi kondisi sosial masyarakat yang mengaharuskan perbudakan agar dihapuskan. Ayat-ayat perbudakan sendiri diulang beberapa kali dengan penyebutan term yang berbeda-beda. Oleh karena itu hal tersebut yang menarik peneliti untuk mengkaji ayat-ayat perbudakan yang ada dalam al-Qur’an menurut Buya Hamka karena dilihat dari menariknya cara Buya Hamka menafsirkan ayat-ayat tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah, mengkaji ayat-ayat perbudakan menurut Buya Hamka. Penelitian ini menggunakan metode kajian tokoh dengan tokoh yang dikaji yaitu Buya Hamka.

Hasil dari penelitian ini aalah bahwa perbudakan ini telah dikenal sejak zaman Nabi Muhammad Saw. Pada waktu itu pemerlakuan perbudakan telah di praktekkan oleh Rasulullah Saw, pemerlakuan perbudakan tidak seenaknya saja tapi telah diatur oleh hukum Islam berlaku seperti disebutkan dalam Q.S. An Nur: 33, dizaman sekarang pemerlakuan perbudakan juga diatur oleh undang-undang. di dalam al-Qur’an telah banyak disebutkan tentang perbudakan, adapun istilah- istilah perbudakan dalam al-Qur’an yaitu: mā malakat aimānukum, raqabah, ‘abd dan riqāb. Penulis berpendapat bahwa Buya Hamka menjelaskan term-term perbudakan dengan makna yang disesuaikan dengan tema yang diangkat pada ayat tersebut, dengan arti lain tidak selalu diartikan sebagai budak atau diartikan sebagai budak tapi tidak secara umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Kalsum
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2022 06:26
Last Modified: 30 May 2022 06:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18261

Actions (login required)

View Item View Item