Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Komunikasi Tatap Muka Pada Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Badegan Ponorogo

Syafikah, Nurul (2022) Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Komunikasi Tatap Muka Pada Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Badegan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi E-Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Syafikah, Nurul. 2022. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Komunikasi Tatap Muka Pada Siswa Kelas XI di SMAN 1 Badegan Ponorogo. Pembimbing Andhita Risko Faristiana, M. A.
Kata kunci: Gadget, Komunikasi Tatap Muka, Siswa

Pada era globalisasi ini, semua kalangan sudah tidak asing lagi dengan teknologi super canggih yang biasa disebut dengan gadget. Terutama pada kalangan siswa, ada dua kemungkinan pengaruh dalam penggunaan gadget ini terhadap komunikasi tatap muka pada siswa, yaitu pengaruh positif dan negatif. Pengaruh positifnya adalah ketika mereka berperan aktif dan menggunakan fungsi gadget dengan benar mereka juga akan berperan aktif ketika komunikasi tatap muka berlangsung. Pengaruh negatifnya adalah ketika komunikasi mereka menjadi tidak efektif karena lebih memilih menggunakan gadget.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : (1) ada atau tidaknya pengaruh penggunaan gadget terhadap komunikasi tatap muka pada siswa kelas XI di SMAN 1 Badegan Ponorogo, (2) seberapa besar pengaruh penggunaan gadget terhadap komunikasi tatap muka pada siswa kelas XI di SMAN 1 Badegan Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Badegan Ponorogo yang berjumlah 349 siswa dan sampel yang digunakan adalah 80 responden yang menggunakan gadget.
Hasil dari analisis data yang ditemukan menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap komunikasi tatap muka pada siswa kelas XI di SMAN 1 Badegan Ponorogo, dengan analisis tingkat penggunaan gadget siswa kelas XI di SMAN 1 Badegan Ponorogo berada pada kategori sedang yaitu 59 responden dengan presentasi sebesar 73% dan tingkat komunikasi tatap muka pada siswa kelas XI di SMAN 1 Badegan Ponorogo berada pada kategori sedang yaitu 48 responden dengan presentasi sebesar 60%, serta hasil thitung = 5,217 dan ttabel yaitu 1,96. Maka dapat disimpulkan bahwa > ttabel, sehingga Ha diterima. Kedua, penggunaan gadget berpengaruh sebesar 37,4% terhadap komunikasi tatap muka pada siswa kelas XI di SMAN 1 Badegan Ponorogo, dibuktikan dengan hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,374, artinya penggunaan gadget berpengaruh terhadap komunikasi tatap muka pada siswa kelas XI di SMAN 1 Badegan Ponorogo sebesar 37,4 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2022 05:37
Last Modified: 30 May 2022 05:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18258

Actions (login required)

View Item View Item