Pengaruh Terpaan Iklan Shopee Di Televisi Terhadap Minat Beli Masyarakat Desa Jenggrik Kedunggalar Ngawi

Hastuti, Risma Puji (2022) Pengaruh Terpaan Iklan Shopee Di Televisi Terhadap Minat Beli Masyarakat Desa Jenggrik Kedunggalar Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Risma Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hastuti, Risma Puji. 2022. Pengaruh Terpaan Iklan Di Televisi Terhadap Minat Beli Masyarakat Desa Jenggrik Kedunggalar Ngawi. Skirpsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Galih Akbar Prabowo, M.A.

Kata Kunci : Terpaan, Iklan Shopee, Minat Beli Masyarakat.

Dengan adanya televisi khalayak akan menyaksikan beberapa iklan, salah satunya iklan shopee. Dampak dari terpaan iklan khalayak memperoleh perhatian, pengalaman serta menerima pesan yang terkadung dalam iklan tersebut. Selain itu iklan juga memperhatikan keinginan dan kebutuhan khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh terpaan iklan shopee di televisi terhadap mint beli dan seberapa besar pengaruh terpaan iklan shopee di televisi terhadap minat beli masyarakat Desa Jengrik Kedunggalar Ngawi. Teori dalam penelitan ini adalah Teori Perbedaan Individu. Teori ini menelaah perbedaan antara individu-individu sebagai sasaran media massa ketika mereka diterpa, sehinga menimbulkan efek tertentu.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif yang bersifat asosiatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan koesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat Desa Jenggrik Kedunggalar Ngawi yang berjumlah 7.901 dan sampel yang digunakan adalah 70. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi, regresi linier sederhana serta uji hipotesis.

Terpaan iklan shopee di televisi memiliki pengaruh besar terhadap minat beli masyarakat Desa Jenggrik Kedunggalar Ngawi. Hal ini di dapatkan dari output SPSS nilai koefisien determinasi terpaan iklan berpengaruh signifikan terhadap minat beli menghasilkan sebesar 76,21% sedangkan sisanya sebesar 23,79% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti yaitu variabel perhatian, ketertarikan dan kepercayaan dan Nilai koefisien determinasi pengaruh terpaan iklan shopee terhadap minat beli ini berpengaruh positif, namun masih terdapat 23,79% faktor lain yang mempengaruhi minat beli selain terpaan iklan. Hasil yang didapatkan dari thitung adalah nilai thitung (14.731) > ttabel (1,667). Angka tersebut menunjukkan bahwa HO ditolak Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2022 04:51
Last Modified: 30 May 2022 04:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18257

Actions (login required)

View Item View Item