Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Pembagian Zakat Fitrah di Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

Sugiarti, Ice Lilis (2022) Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Pembagian Zakat Fitrah di Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Upload E-thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sugiarti, Ice Lilis ,2021. Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Pembagian Zakat Fitrah di Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo.Skripsi.Jurusan HukumEkonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Ponorogo. Pembimbing Rif’ah Roihanah, S.H, M.Kn.
Kata Kunci: Sosiologi Hukum, Pembagian Zakat Fitrah Secara Merata
Idealnya dalam mendistribusikan zakat adalah melaksanakannya sesuai dengan ketentuan Allah akan tetapi terkadang ada masyarakat tertentu yang tidak melaksanakannya sesuai dengan ketentuan Allah dan hal ini merupakan sebuah fenomena hukum yang terjadi di dalam masyarakat khususnya masyarakat Islam. Dalam praktiknya dilapangan, zakat fitrah yang dikelola dan dibagikan kepada masyarakat oleh amil zakat bersama takmir masjid di Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo tidak sesuai dengan ketentuan diatas karena terdapat beberapa masjid yang menerapkan pembagian zakat fitrah secara merata tanpa melihat termasuk ke dalam 8 golonganasnaftersebutatau tidak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana tinjauan sosiologi hukumterhadap pembagian zakat fitrah secara merata di Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo? (2)Bagaimana tinjauan sosiologi hukum terhadap penggunaan sisa zakat fitrah secara meratadi Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo?.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan metodekualitatif.Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancaradan observasi. Setelah data terkumpul, dianalisa dengan menggunakan metodeinduktif dengan pendekatan sosiologi hukum islam.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembagian zakat fitrah yang terjadi di beberapa masjid-masjid Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo pada dasarnya tidak diperbolehkan, akan tetapi hal ini dilakukan masyarakat karena adanya faktor kecemburuan sosial dan juga dimaksudkan agar zakat cepat habis tersalurkan. Hal ini dikaitkan dengan teori perubahan hukum dan masyarakat, bahwa zakat fitrah yang dilakukan secara merata merupakan perubahan nilai-nilai sosial dalam masyarakat tersebut terjadi karena untuk menghindari adanya kecemburuan sosial di dalam masyarakat.(2) Penggunaan sisa zakat pada beberapa masjid-masjid yang ada di Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo di gunakan untuk lansia, anak-anak yang rajin beribadah di masjid, anak-anak yatim dan pemberian atau infaq di masjid bersangkutan menurut hukum Islam tidak diperbolehkan, karena harus termasuk kedalam mustahiq zakat. Akan tetapi karena sudah turun temurun dilakukan oleh masyarakatsehingga sudah menjadi faktor budaya.Sedangkan masyarakat membagikan sisa zakat dimaksudkan untuk mempercepat sisa zakat habis di bagikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rif'ah Roihanah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2022 05:36
Last Modified: 30 May 2022 05:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18256

Actions (login required)

View Item View Item