Penerapan Punishment sebagai Upaya Pembentukan Perilaku Disiplin Salat Berjamaah Santri (Studi kasus di Pondok Pesantren Darul Huda putri Mayak Ponorogo)

Arini, Nurika (2022) Penerapan Punishment sebagai Upaya Pembentukan Perilaku Disiplin Salat Berjamaah Santri (Studi kasus di Pondok Pesantren Darul Huda putri Mayak Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NURIKA ARINI 303180029 BPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Arini, Nurika. 2022. Penerapan Punishment Sebagai Upaya Pembentukan Perilaku Disiplin Salat Berjamaah Santri di Pondok Pesantren Darul Huda Putri Mayak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Penyuluham Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Iswahyudi, M.Ag.
Kata kunci: Punishment, Perilaku Disiplin, Salat Berjamaah, Santri

Pondok Pesantren Darul Huda merupakan salah satu Pondok Pesantren di Kabupaten Ponorogo yang menerapkan pembelajaran full day school, yakni pembelajarannya berlangsung mulai bangun tidur sampai menjelang tidur. Pada kepengurusan periode 2015-2019, dalam pelaksaan salat berjamaah masih terdapat sebagian santri yang keberangkatannya masih harus diingatkan, gaduh ketika dzikir berlangsung, dan bahkan beberapa masih ada yang sembunyi-sembunyi untuk melaksanakan salat secara sendiri atau munfarid di kamar masing-masing. Berganti dengan kepengurusan periode 2019-2021 pelaksanaan salat berjamaah lebih tertib, bahkan aula tempat salat harus mengalami perluasan karena seluruh santri tertib berjamaah. Hal ini dikarenakan program punishment yang diterapkan untuk membentuk perilaku disiplin shalat berjamaah santri oleh pengurus peribadatan.
Masalah dalam penelitian ini akan dirumuskan ke dalam tiga rumusan masalah, yakni: pertama, Bagaimana bentuk-bentuk punishment yang diterapkan di Pondok Pesantren Darul Huda Putri? kedua, Apa saja tujuan diterapkannya punishment di Pondok Pesantren Darul Huda Putri? ketiga, Bagaimana hasil dari penerapan punishment terkait perilaku disiplin salat berjamaah santri di Pondok Pesantren Darul Huda Putri?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yakni studi kasus. Sedangkan untuk metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Dari penelitian ini kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa bentuk punishment yang diterapkan di Pondok Pesantren Darul Huda Putri yakni pertama, punishment fisik dalam bentuk berdiri selama pelaksanaan dzikir dan membersihkan aula, kedua, punishment intelektual berupa salat di s{af paling depan selama 7 hari, dan ketiga, punishment perasaan yang merupakan respon orang sekitar dari adanya punishment lainnya. Adapun tujuan diterapkannya punishment adalah agar tertib peraturan, agar para santri jera, mengedukasi para santri terkait perbuatan yang baik dan buruk dan mencegah pelanggaran yang sama di kemudian hari, dan adanya perbaikan perilaku. Sedangkan dampaknya, setelah diterapkannya punishment, keterlambatan santri ketika salat berjamaah semakin berkurang bahkan tidak ada sama sekali, pelaksanaan dzikir menjadi lebih khusyu’ dan tenang, serta kegiatan santri menjadi lebih teratur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2022 04:58
Last Modified: 30 May 2022 04:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18248

Actions (login required)

View Item View Item