(SURAT KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA, KASIH WATER MARK DAN FILE HRS DALM BENTUK pdf)..Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Anggota (Studi Kasus UMKM Omah Susu di Singolangu Magetan)

Rohmah, Istigfaroh Nur (2022) (SURAT KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA, KASIH WATER MARK DAN FILE HRS DALM BENTUK pdf)..Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Anggota (Studi Kasus UMKM Omah Susu di Singolangu Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Istigfaroh Nur Rohmah 401180227.doc

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan peran UMKM Omah Susu Singolangu Magetan dalam meningkatkan kesejahteraan anggota, dimana yang sebelumnya bekerja menjadi buruh tani lalu memutuskan menjadi anggota UMKM Omah Susu Singolangu Magetan.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan menganalisis apa saja upaya yang dilakukan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam mensejahterakan anggota di UMKM Omah Susu Singolangu Magetan. 2) Untuk mengetahui dampak keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Omah Susu Singolangu Magetan terhadap peningkatan kesejahteraan anggota.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif, yang menjelaskan tentang peran UMKM terhadap peningatan kesejahteraan anggota. Data yang didapatkan yaitu data dari wawancara observasi, dan dokumentasi yang dijelaskan dalam bentuk uraian kata yang selanjutnya dipaparkan dalam bentuk laporan bersifat analisis.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) Upaya yang dilakukan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Omah Susu Singolangu Magetan terhadap peningkatan kesejahteraan anggota yaitu UMKM Omah Susu berdiri sebagai sarana mengetaskan dari jurang kemiskinan. Sementara dalam pemerataan ekonomi anggota belum bisa berjalan baik, begitupula dengan upaya UMKM dalam memberikan pemasukan Negara dalam bentuk devisa belum terlaksana. 2) Dampak keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Omah Susu Singolangu Magetan dalam peningkatan kesejahteraan anggota terbilang baik, hal ini dilihat dari beberapa indikitator kesejahteraan yang hampir semua terpenuhi yaitu perumahan atau pemukiman, pendidikan dan kesehatan sudah terpenuhi, tetapi dalam aspek pendapatan belum bisa merata.
Kata kunci: UMKM, Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2022 04:56
Last Modified: 30 May 2022 04:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18245

Actions (login required)

View Item View Item