Pengembangan Desa Wisata "Ngebel Adventure Park" Guna Meningkatkan Pendapatan Masyarakat

Lestari, Dwi (2022) Pengembangan Desa Wisata "Ngebel Adventure Park" Guna Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ETHESES-DWI-LESTARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan sangat penting dilakukan pada suatu objek wisata karena merupakan suatu proses perubahan dari sesuatu yang telah baik menjadi lebih baik lagi. Tanpa dilakukan pengembangan pada suatu objek wisata maka tidak aka nada perkembangan dan perubahan yang terjadi terhadap objek tersebut. Dengan pengembangan wisata Ngebel Adventure Park dengan baik maka diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja. Lapangan usaha bagi masyarakat serta dapat menggerakkan perekonomian bagi masyarakat sekitar khususnya Desa Ngebel Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan Desa Wisata “Ngebel Adventure Park” terhadap peningkatkan pendapatan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan untuk membantu penelitian ini adalah jenis penelitian field research (Penelitian lapangan) dengan melakukan pencarian data dengan cara langsung dengan melihat objek yang akan diteliti. peneliti melaksanakan penelitian di Desa Ngebel Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo untuk meneliti pengembangan Desa Wisata “Ngebel Adventure Park”. Dalam penelitian ini, jika dilihat dari jenis datanya maka penelitian ini diklasifikasikan menjadi penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Desa Wisata “Ngebel Adventure Park” telah melakukan pengembangan wisata melalui beberapa komponen seperti daya tarik wisata, aksesibilitas,amenitas, fasiltas umum, dan kelembagaan. Namun, pada proses pengembangan mengalami kendala berupa minimnya dana, akses jalan menuju lokasi serta kesadaran masyarakat masih kurang. Dalam hal dampak pengembangan Ngebel Adventure Park terhadap masyarakat sudah ada yaitu teriptanya lapangan pekerjaan baru juga sedkit menambah penghasilan akan tetapi dampak yang dirasakan belum maksimal dan masih beberapa masyarakat saja yang merasakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2022 04:54
Last Modified: 30 May 2022 04:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18241

Actions (login required)

View Item View Item