Implementasi Metode Hafalan dan Setoran Kitab Al-Jurumiyah di Madrasah Diniyah Wustha Darussalam Bangunsari Ponorogo

Kurniawati, Ani (2022) Implementasi Metode Hafalan dan Setoran Kitab Al-Jurumiyah di Madrasah Diniyah Wustha Darussalam Bangunsari Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180276_ANI KURNIAWATI_PAI-dikonversi.pdf

Download (887kB) | Preview

Abstract

Kurniawati, Ani. 2022. Implementasi Metode Hafalan dan Setoran Kitab Al-jurūmiyah di Madrasah Diniyah Wusthā Darussalam Bangunsari Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I
Kata kunci : Metode Hafalan, Metode Setoran, Kitab Al-Jurumiyah
Metode hafalan merupakan salah satu metode yang digunakan di Madrasah Diniyah sebagai cara pengajaran yang dianggap mampu untuk membantu santri dalam memahami materi pelajaran. Biasanya santri dengan bergantian menyetorkan hafalan yang telah diberikan oleh ustadz sebagai pembimbing mereka. Model pembelajaran dengan metode ini dapat memberikan kemudahan kepada santri untuk memahami materi pelajaran, terutama pada materi pelajaran ilmu ‘alat yang memerlukan kejelian dalam mengingat ciri-ciri dan tanda-tanda kalimat Bahasa Arab.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan implementasi metode hafalan dan setoran kitab jurumiyah di Madrasah Diniyah Wusthā Darussalam Bangunsari Ponorogo, 2) Mendeskripsikan fakor yang mendukung dan menghambat penggunaan metode hafalan dan setoran di Madrasah Diniyah Wusthā Darussalam Bangunsari Ponorogo, 3) Mendeskripsikan dampak penggunaan metode hafalan dan setoran di Madrasah Diniyah Wusthā Darussalam Bangunsari Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang memberikan hasil data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data menggunkan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari hasil yang dilakukan oleh penliti di Madrasah Diniyah Wusthā Darussalam Bangunsari Ponorogo dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) Implementasi metode hafalan dan setoran kitab jurumiyah di Madrasah Diniyah Wusthā Darussalam Bangunsari Ponorogo adalah pada pelaksanaan proses belajar mengajar dengan membuka pembelajaran dengan salam, mengulang materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya, menambah materi baru, menjelaskan materi baru, kemudian santri menyetorkan hafalan sesuai target yang telah mereka miliki. Metode yang digunakan untuk melakukan hafalan santri bermacam-macam tergantung dari kenyamanan santri. Selain itu upaya lain yang dilakukan oleh ustadz adalah dengan memberikan motivasi kepada santri sebagai bentuk dukungan dan dorongan dalam melakukan hafalan. 2). Adapun faktor yang mendukung upaya ustadz adalah : (a) Peran ustadz, (b) Kemauan santri, (c) prestasi teman-temannya. Sedangkan factor yang menghambat upaya ustadz adalah : (a) kesibukan santri, (b) kemampuan santri. 3) Dampak dari penggunaan metode hafalan dan setodan pada mata pelajaran ini adalah meningkatnya kemampuan santri dalam memahami materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2022 04:53
Last Modified: 30 May 2022 04:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18238

Actions (login required)

View Item View Item