Kusnul, Fadlilah (2022) Implementasi Metode Hanifida Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Supercamp La Raiba Hanifida Jombang. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Khusnul Fadila_502200017.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh besarnya animo masyarakat untuk menghafal al-Qur’an dan banyaknya pondok pesantren tahfiz yang menawarkan kemampuan menghafal al-Qur’an dalam waktu 30 hari, 40 hari dan seterusnnya dengan target bisa khatam al-Qur’an. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi cepat atau tidaknya santri dalam menghafal al-Qur’an, salah satunya adalah faktor pemilihan metode yang digunakan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Hanifida, pengelolaan metode Hanifida, dan dampak pengelolaan metode Hanifida dalam meningkatkan hafalan al-Qurán santri di Pondok Pesantren Supercamp La Raiba Hanifida Jombang.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi,dan dokumentasi.
Hasil Penelitian ini adalah: (1) Implementasi metode Hanifida dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an memberikan stimulus dalam proses menghafal al-Qur’an santri. (2) Pengelolaan pada penerapan metode Hanifida sudah berjalan dengan baik secara keseluruhan. Akan tetapi, terdapat poin-poin catatan yang perlu diperhatikan terutama pada fungsi pengawasan. (3) Dampak pengelolaan metode Hanifida berpengaruh terhadap keberhasilan santri dalam menyelesaikan menghafal al-Qur’an, akan tetapi perlu peningkatan dalam ilmu tajwid santri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Sugiyar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 27 May 2022 08:44 |
Last Modified: | 27 May 2022 08:44 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18233 |
Actions (login required)
View Item |