Aktualisasi Nilai Keteladanan Rosulullah Saw Bagi Pendidik dalam Buku Rosulullah Sang Guru Karya Abdul Fattah Abu Ghuddah

Lestari, Selly (2022) Aktualisasi Nilai Keteladanan Rosulullah Saw Bagi Pendidik dalam Buku Rosulullah Sang Guru Karya Abdul Fattah Abu Ghuddah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180202_Selly Lestari_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lestari, Selly. 2022. Aktualisasi Nilai Keteladanan Rosulullah Saw Bagi Pendidik dalam Buku Rosulullah Sang Guru Karya Abdul Fattah Abu Ghuddah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I.
Kata Kunci: Aktualisasi, Nilai Keteladanan, Rosulullah SAW, Pendidik
Rosulullah SAW merupakan teladan terbaik sebagai seorang pendidik, dengan memberikan contoh cara-cara dalam mendidik. Rosullah Saw menjadi pendidik yang mampu dicintai oleh peserta didiknya dan membentuk sosok-sosok generasi hebat perubah peradaban. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan mendiskripsikan aktualisasi nilai keteladanan Rosulullah bagi pendidik yang terkandung dalam buku Rosulullah Sang Guru dalam hal: (1) teladan kasih sayang, (2) teladan tawadhu, (3) teladan kesabaran.
Penelitian ini adalah library Research. Sumber data primer pada penelitian ini adalah buku Rosulullah Sang Guru karya Abdul Fattah Abu Ghuddah, sumber data sekunder adalah buku, jurnal, dokumen dan lainnya yang mendukung dalam penelitian. Analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (Content analysis).
Hasil Penelitian ini adalah (1) Profil Rosulullah Saw yang merupakan nilai keteladanan dalam bersikap kasih sayang terhadap peserta didik dalam buku Rosulullah Sang Guru karya Abdul Fattah Abu Ghuddah meliputi: Rosulullah Saw dengan memperhatikan komunikasi beliau dengan para penuntut ilmu salah satunya dengan mengucapkan salam terhadap siapapun, Rosulullah senantiasa memiliki empati atau perasaan kasihan terhadap penuntut ilmu dengan mampu merasakan dan memposisikan diri seperti posisi penuntut ilmu, Rosulullah senantiasa memberikan bimbingan dan arahan terhadap penuntut ilmu dengan memperhatikan kesehatan mental dan rohani penuntut ilmu. (2) Profil Rosulullah Saw yang merupakan nilai keteladanan dalam bersikap tawadhu’ terhadap peserta didik dalam buku Rosulullah Sang Guru karya Abdul Fattah Abu Ghuddah meliputi: Rosulullah Saw senantiasa mementingkan kepentingan orang lain dengan berusaha untuk memahami dan menghargai setiap alasan yang diberikan, Rosulullah tidak membeda-bedakan sesama dengan tidak segan untuk bercengkrama dengan para penuntut ilmu, Rosulullah senantiasa menghargai orang lain dengan tidak penah berbangga diri atas apa yang dimiliki, Rosulullah senantiasa menerima pendapat dari orang lain dengan tidak segan untuk mendengarkan pendapat dari penuntut ilmu. (3)Profil Rosulullah Saw yang merupakan nilai keteladanan dalam bersikap sabar terhadap peserta didik dalam buku Rosulullah Sang Guru karya Abdul Fattah Abu Ghuddah meliputi: Rosulullah SAW senantiasa tekun dalam mengajarkan ilmu secara terus menerus untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan menyampaikan ilmu secara perlahan, Rosulullah senantiasa konsisten tidak mudah berubah-ubah ketika mengajarkan ilmu dengan menekankan pada penguasan pengetahuan dan pengamalan, Rosulullah dapat mengendalikan diri dan mengontrol emosi dalam bertutur kata dengan senantiasa mengingat Allah Swt.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2022 08:42
Last Modified: 27 May 2022 08:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18231

Actions (login required)

View Item View Item