..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..PRAKTIK JUAL BELI ONLINE PRODUK FAEYZA SKINCARE PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH (KHES) DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Jannah, Fitri Nur (2022) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..PRAKTIK JUAL BELI ONLINE PRODUK FAEYZA SKINCARE PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH (KHES) DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
102180049_FITRI NUR JANNAH_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jannah, Fitri Nur. 2022. Praktik Jual Beli Online Produk Faeyza Skincare Perspektif Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES) Dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Hj. Novi Fitia Maliha, M.H.I.
Kata kunci/keyword: Jual Beli Online, Faeyza Skincare, KHES, Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK).
Adanya pandemi merupakan salah satu faktor yang memicu jual beli online mengalami peningkatan. Pandemi juga menjadikan masyarakat lebih banyak memiliki waktu melakukan perawatan diri di rumah, yang mengakibatkan permintaan pada produk perawatan semakin meningkat. Salah satu merk produk perawatan kulit/skincare yang dijual online saat ini adalah Faeyza Skincare. Pembelian produk dilakukan dengan sistem pesanan, konsumen harus memesan produk terlebih dahulu ke pelaku usaha melalui media sosial ataupun marketplace. Pemasaran produk telah merambah ke beberapa pulau di Indonesia. Meskipun, pada label produk belum mencantumkan informasi secara lengkap.
Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti praktik jual beli online produk Faeyza Skincare dilihat dari sudut pandang KHES dan UUPK. Adapun permasalahan yang peneliti angkat yaitu (1) Analisis KHES dan UUPK terhadap ketidaklengkapan informasi pada label produk Faeyza Skincare, dan (2) Tanggung jawab pelaku usaha jika terjadi pelanggaran hak-hak konsumen ditinjau dari KHES dan UUPK.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Dalam hal ini, data dianalisis berdasarkan teori dalam KHES dan UUPK.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berlandaskan ketentuan dalam KHES, praktik jual beli online produk Faeyza Skincare diketagorikan dalam jual beli salam. Berdasarkan analisis, syarat pada rukun subjek dan kesepakatan, praktik jual beli ini sudah memenuhi apa yang ditentukan. Namun pada syarat objek, ketidaklengkapan informasi pada label produk belum memenuhi ketentuan di KHES. Begitu juga dengan ketentuan di UUPK, ketidaklengkapan informasi menyalahi pasal hak konsumen, kewajiban pelaku usaha dan perbuatan yang dilarang pelaku usaha. Sementara itu, terkait hak-hak konsumen yang tertera dalam Pasal 4 UUPK belum keseluruhan dipenuhi oleh pelaku usaha. Sedangkan hak konsumen berdasarkan KHES sudah terpenuhi. Ketentuan hak konsumen ini juga berkaitan dengan tanggungjawab pelaku usaha. Berdasarkan analisis, pemberian ganti rugi belum sesuai dengan Pasal 19 ayat (3) UUPK. Sementara itu, berdasarkan KHES, ketidaksesuaian pengiriman barang dengan pesanan konsumen dan terlambatnya waktu pemberian ganti rugi telah menyalahi ketentuan Pasal 36 KHES.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Novi Fitia Maliha
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2022 02:46
Last Modified: 27 May 2022 02:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18219

Actions (login required)

View Item View Item