Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Kerjasama Kemitraan Lebah Klanceng antara Masyarakat dengan PT. Maha Agung Indonesia Bersama (PT. MIB)

Dwiantari, Andrie Nindy (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Kerjasama Kemitraan Lebah Klanceng antara Masyarakat dengan PT. Maha Agung Indonesia Bersama (PT. MIB). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
REVISI SKRIPSI ANDRIE NINDY 102180005 UPLOAD ETHESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dwiantari, Andrie Nindy. 2022. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Kerjasama Kemitraan Lebah Klanceng antara Masyarakat dengan PT. Maha Agung Indonesia Bersama (PT. MIB). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ima Frafika Sari, M.Pd.
Kata Kunci/keywords : shirkah, pembagian keuntungan, penanggungan resiko.
Kerjasama kemitraan lebah klanceng antara masyarakat dengan PT. Maha Agung Indonesia Bersama (PT. MIB) menggunakan akad shirkah. Pembagian keuntungan budidaya bagi masyarakat sebagai mitra sebesar Rp 500.000 per paket selama 4 bulan, sedangkan PT. MIB mendapatkan keuntungan volume madu hasil budidaya lebah klanceng yang telah dibudidaya oleh mitra, dengan tidak ada kejelasan besarnya volume madu hasil budidaya tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1)Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad kerjasama kemitraan lebah klanceng antara masyarakat dengan PT. Maha Agung Indonesia Bersama (PT. MIB)? (2)Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pembagian keuntungan dalam kerjasama kemitraan lebah klanceng antara masyarakat dengan PT. Maha Agung Indonesia Bersama (PT. MIB)? (3)Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap ingkar janji yang dilakukan masyarakat dalam perjanjian kerjasama kemitraan lebah klanceng antara masyarakat dengan PT. Maha Agung Indonesia Bersama (PT. MIB)?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif, yaitu pembahasan yang dimulai dengan mengemukaan fakta-fakta empirik yang bersifat khusus kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum (penjelasan teoritis).
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akad kerjasama kemitraan lebah klanceng antara masyarakat dengan PT. MIB menggunakan akad shirkah, yaitu shirkah ‘inan. Akad shirkah tersebut sah dan sesuai dengan hukum Islam karena telah memenuhi rukun dan syarat shirkah. Kemudian pembagian keuntungan dalam kerjasama kemitraan lebah klanceng antara masyarakat dengan PT. MIB adalah sah dan sesuai hukum Islam, karena pembagian keuntungan proporsional sesuai dengan modal yang dikeluarkan dan berdasarkan kesepakatan. Serta ingkar janji yang dilakukan oleh masyarakat termasuk ke dalam bentuk ingkar janji tidak melakukan apa yang tercantum dalam perjanjian yaitu kelalaian tidak melakukan pemeliharaan lebah klanceng dengan baik, serta kewajiban masyarakat yang telah melakukan ingkar janji yaitu ganti rugi tidak sesuai dengan hukum Islam, karena seharusnya kewajiban ganti rugi dilakukan oleh pihak yang melakukan ingkar janji, yaitu masyarakat selaku mitra bukan PT. MIB.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ima Frafika Sari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2022 01:20
Last Modified: 27 May 2022 01:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18216

Actions (login required)

View Item View Item