Implementasi Ta'zir dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Taman Pendidikan Al Quran Muhajirin Desa Tapen, Lembeyan, Magetan

Wardani, Anggi Yuniar (2022) Implementasi Ta'zir dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Taman Pendidikan Al Quran Muhajirin Desa Tapen, Lembeyan, Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wardani, Anggi Yuniar, 2022. Implementasi Ta’zīr dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri
di Taman Pendidikan Al Quran Muhajirin Desa Tapen, Lembeyan, Magetan. Jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Umar Sidiq, M. Ag.
Kata Kunci : Kedisiplinan, Ta’zīr, Santri.
Kedisiplinan merupakan cara mendidik individu, mengembangkan pengendalian diri dan
pengarahan diri, menyesuaikan diri dengan harapan lingkungan sosial, dan memungkinkan
mereka bertindak bijaksana dalam mengambil keputusan. Dalam melakukan pendisiplinan santri
atau siswa banyak sekali cara salah satunya yaitu ta’zīr hukuman yang diberikan kepada santri
atau peserta didik yang berguna untuk mendidik atau bersifat edukatif. Lebih tepatnya hukuman
yang biasanya diberikan kepada santri atau peserta didik yang sudah ditetapkan oleh pengurus
lembaga atau guru.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan bagaiman bentuk pelaksanaan
ta’zīr di Taman Pendidikan Al Quran Muhajirin (2) untuk memaparkan faktor pendukung dan
faktor penghambat implementasi ta’zīr dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Taman
Pendidikan Al Quran Muhajirin Desa Tapen, Lembeyan, Magetan (3) untuk mendeskripsikan
dampak dari implementasi ta’zīr dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Taman Pendidikan
Al Quran Muhajirin Desa Tapen, Lembeyan, Magetan.
Penelitian ini direncanakan dengan rancangan deskriptif kualitatif studi kasus di Taman
Pendidikan Al Quran Muhajirin Desa Tapen, Lembeyan, Magetan. Teknik yang digunakan
dalam pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta
menggunakan metode analisis data dari Miles Huberman, yang mencangkup pengumpulan data,
pereduksian data, penyajian data kemudian kesimpulan agar memperoleh hasil terbaik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: upaya ustadh dalam meningkatkan kedisiplinan
santri melalui ta’zīr di Taman Pendidikan Al Quran Muhajirin Desa Tapen, Lembeyan, Magetan,
yaitu : 1) Implementasi ta’zīr dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Taman Pendidikan Al�Qur‘an Al-Muhajirin Desa Tapen, Lembeyan, Magetan yaitu yang pertama tahap pemanggilan,
santri yang melakukan kesalahan di panggil ke depan kelas, kedua tahap pemilihan materi ta’zīr
oleh ustadz diantaranya termasuk pelanggaran ringan, sedang, berat, ketiga tahap penta’zīr
kepada santri yang melakukan kesalah tersebut. 2) Pertama faktor pendukung yang ada di Taman
Pendidikan Al Quran Muhajirin Desa Tapen, Lembeyan, Magetan yaitu ustadz, ustadz memiliki
keterlibatan dalam memberikan ta’zīr kepada santri, sedangkan santri memiliki keterlibatan
dalam melaksanakan ta’zīr. Faktor penghambat dalam pemberian ta’zīr ustadz kesulitan dalam
memilih jenis ta’zīr yang tepat bagi santri yang mesih berusia 5-12 tahun, sehingga ketika ustadz
salah dalam memilih ta’zīr semangat santri dalam mengikuti kegiatan menjadi pudar.3) Ada dua
dampak dari pemberian ta’zīr tersebut yang pertama dampak positif pemberian ta’zīr yaitu
menurunkan perilaku yang melanggar, dengan adanya ta’zīr santri akan jera, ketika ingin berbuat
salah santri tersebut akan berfikir kembali agar tidak di berikan sebuah ta’zīr. Dampak negatif
pemberian ta’zīr ini ketika ustadz dan ustadhah memberikan ta’zīr yang salah maka akan
berdampak terhadap semua kegiatan yang santri itu lakukan baik itu waktu pembiasaan shalat
Asar, belajar mengajar dan juga Khataman Ahad Kliwon.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2022 01:10
Last Modified: 27 May 2022 01:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18210

Actions (login required)

View Item View Item