Metode Pendidikan Karakter Bagi Remaja Dalam Keluarga Perspektif Amirulloh SYarbini

Kurniawati, Rizqi Dwi (2022) Metode Pendidikan Karakter Bagi Remaja Dalam Keluarga Perspektif Amirulloh SYarbini. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180198 RIZQI DWI K UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kurniawati, Rizqi Dwi. 2022. Metode Pendidikan Karakter Bagi Remaja Dalam Keluarga
Perspektif Amirulloh Syarbini. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I.
Kata Kunci: Metode Pendidikan Karakter, Remaja, Keluarga
Krisis moral dan karakter yang terjadi di Indonesia saat ini tidak sedikit dialami oleh remaja. Sesuatu yang dapat menyelesaikan persoalan ini ialah adanya pendidikan karakter. Pendidikan karakter yang paling dasar ialah pendidikan karakter dalam keluarga. Akan tetapi yang menjadi ujung tombak keberhasilan pendidikan karakter dalam keluarga terletak pada metode pendidikan karakter dalam keluarga. Pendidikan Karakter dalam Keluarga di Indonesia saat ini kurang berjalan dengan baik karena orang tua kurang memahami metode pendidikan karakter, atau orang tua memiliki pandangan yang berbeda mengenai metode pendidikan karakter, serta metode pendidikan karakter yang digunakan orang tua kurang variatif. Orang tua harus mengetahui dan menguasai metode pendidikan karakter apa saja yang dapat di pakai dalam mengajarkan karakter pada anak, serta metode mana yang mudah di fahami dan di tangkap oleh anak.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui metode pembiasaan pada pendidikan karakter bagi remaja dalam keluarga perspektif Amirulloh Syarbini, (2) mengetahui metode curhat pada pendidikan karakter bagi remaja dalam keluaraga perspektif Amirulloh Syarbini, serta (3) mengetahui metode kasih sayang pada pendidikan karakter bagi remaja dalam keluarga perspektif Amirulloh Syarbini. Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapka diatas, penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian library research, yang menggunakan data primer dan sekunder sebagai sumber data. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis isi (content analysis) untuk menganalisis data.
Berdasarkan analisis data yang di lakukan, dapat ditemukan bahwa: (a) pembiasaan dengan saling menghargai, menghormati, berkata baik, sholat tepat waktu walaupun sedang sibuk, memberi kabar ke orang tua ketika tidak berada di rumah, meminta izin setiap keluar rumah, selalu berbagi cerita dengan orang tua, dan membiasakan untuk birul walidain, berkomunikasi dengan baik dan tawadhu’ kepada orang tua. (b) dengan penuh keakraban, perhatian, komunikasi, dan kasih sayang, orang tua dan remaja saling sharing, saling mendengarkan, saling berbagi, untuk menghadapi permasalahan-permasalahan yang dihadapinya tentang cinta, seksual, pertemanan, dll. (c) dengan keteladanan, anak diberikan rasa aman, nyaman, tentram, damai, dan bahagia. Dengan harapan perasaan yang telah tertanam tersebut akan diberikan pula pada orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2022 01:14
Last Modified: 27 May 2022 01:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18206

Actions (login required)

View Item View Item