Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kisah Nabi Nuh As Dalam Tafsir Al-Misbah Karya Quraish Shihab Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam

Andrianto, Syaiful (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kisah Nabi Nuh As Dalam Tafsir Al-Misbah Karya Quraish Shihab Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180218_Syaiful Andrianto_Pendidikan Agama Islam..pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Andrianto, Syaiful. 2022. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kisah Nabi Nuh As Dalam Tafsir Al-Misbah Karya Quraish Shihab Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.

Kata Kunci : Konsep Nilai-Nilai, Pendidikan Islam, Kisah Nabi Nuh As

Nuh adalah seorang nabi dan rasul yang diutus oleh Allah Swt. untuk menyeru manusia sebelum terjadinya malapetaka dahsyat yang hampir memunahkan kehidupan di bumi. Nuh As. diangkat menjadi nabi sekitar 3650 SM, Nuh adalah sebagai salah satu penerima gelar Ulul Azmi, Nuh As. sangatlah istimewa karena ketabahan dan kesabarannya dalam menyebarkan ajarannya. Nabi Nuh As mempunyai konsep pendidikan Islam yang terdiri dari tiga hal yakni Pendidikan akidah, pendidikan akhlak dan pendidikan ibadah. Kisah nabi Nuh As. di rekam dalam al-Qur`an, seperti surah Nuh, surah Hu>d. Dalam kisah nabi Nuh As. dapat dipetik nilai-nilai pendidikan Islam, pendidikan merupakan sebuah roses pribadi manusia untuk menuju kepada kehidupan bermasyarakat. Pendidikan Islam adalah serangkaian bimbingan serta arahan yang dilaksanakan oleh pendidik, pendidikan Islam adalah sebuah aset untuk membangun negara berkembang. Sebuah pendidikan Islam pasti mempunyai tujuan yakni menjadikan diri sempurna di mata Sang pencipta dengan mengabdikan diri dengan baik dan benar. Tujuan pendidikan Islam termuat dalam al-Qur`an tafsir Al-Misbah karya Quraish Shihab, selain tujuan pendidikan Islam tafsir Al-Misbah juga membahasa tentang nilai-nilai pendidikan Islam dalam kisah Nabi Nuh As.
Dari latar belakang masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui konsep nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kisah nabi Nuh As. dalam tafsir Al-Misbah karya Quraish Shihab. (2) Mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kisah nabi Nuh As. dengan tujuan pendidikan Islam.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yaitu dengan mengkaji permasalahan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content analysis atau analisis isi.
Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa: 1) Konsep nilai-nilai pendidikan Islam dalam kisah nabi Nuh As. terangkum dalam tiga nilai, Pertama, nilai pendidikan akidah, yakni mencakup perintah mengesakan Allah Swt. dan bertakwa kepada Allah Swt. Rasul dan hari pembalasan. Kedua, nilai pendidikan akhlak, yak-ni mencakup berbaik sangka, dan lemah lembut dalam berdakwah. Ketiga, nilai pendidikan ibadah, yakni amar ma`ruf nahi munkar, mendidikan anak dengan baik dan birrul wa>lidain. 2) Relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kisah nabi Nuh As. dengan tujuan pendidikan Is-lam memiliki kesamaan yakni pendidikan Islam ingin mencetak generasi yang bertujuan untuk menjadi manusia yang berakhlakul karimah. Semua nilai pendidikan Islam dalam kisah Nabi Nuh As. berkesamaan dengan tujuan pendidikan Islam dalam satu kesatuan demi keberlang-sungan hidup manusia yang terarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2022 01:11
Last Modified: 27 May 2022 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18205

Actions (login required)

View Item View Item