Pengaruh E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Desa Kradenan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo

Amalia, Rara Anindya Vega (2022) Pengaruh E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Desa Kradenan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Rara Anindya_302180041_Komunikasi dan Penyiaran Islam.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan yang cukup besar dan berlangsung demikian cepat. Salah satunya dengan munculnya bisnis online melalui platform jual beli online. Salah satu platform jual beli online yang marak di kalangan masyarakat adalah E-Commerce Shopee. Banyaknya kemudahan yang ditawarkan melalui e-commerce ini menyebabkan adanya perubahan perilaku konsumen. Konsumen akan terdorong untuk membeli produk yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Dorongan pembelian inilah yang mengindikasikan kecenderungan perilaku konsumtif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan E-Commerce Shopee terhadap perilaku konsumtif masyarakat Desa Kradenan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Pendekatan yang digunakan peneliti ialah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linier sederhana. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat Desa Kradenan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo yang memiliki rentang usia 16-30 tahun yang berjumlah 283 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling.
Dari hasil penelitian diperoleh: 1) tingkat pengguna E-Commerce Shopee masyarakat Desa Kradenan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo berada pada kategori sedang yang memiliki frekuensi tertinggi yaitu 59 responden dengan persentase sebanyak 79,73%. 2) tingkat perilaku konsumtif masyarakat Desa Kradenan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo berada pada kategori sedang yang memiliki frekuensi tertinggi yaitu 60 reponden dengan presentase sebanyak 81,08%. 3) ada pengaruh pengaruh E-Commerce Shopee terhadap perilaku konsumtif masyarakat Desa Kradenan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo berdasarkan hasil nilai koefisien sebesar 0,593 maka 35,1% perilaku konsumtif masyarakat merupakan kontribusi dari variabel e-ccommerce Shopee, sedangkan sisanya 64,1% dapat disebabkan oleh faktor-faktor lain. Dengan hasil yang dijabarkan dalam penelitian ini, bahwa nilai thitung = 6,242) dan ttabel = 1,669. Maka thitung > ttabel, sehingga Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2022 01:05
Last Modified: 27 May 2022 01:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18204

Actions (login required)

View Item View Item