Implementasi Penilaian Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X MIPA 1 di SMAN Tulakan Pacitan

Hanggraini, Febrian (2022) Implementasi Penilaian Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X MIPA 1 di SMAN Tulakan Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180315_FEBRIAN HANGGRAINI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hanggraini, Febrian. 2022. Implementasi Penilaian Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X MIPA 1 di SMAN Tulakan Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci: Penilaian, High Order Thinking Skill (HOTS), PAI
Penilaian pembelajaran PAI cenderung menekankan daya ingatan dan hanya menyampaikan kembali informasi yang didapat tanpa adanya penegasan. Oleh sebab itu penerapan penilaian berbasis HOTS sangat berguna untuk mengoptimalkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan kreatif. Merujuk pada konteks tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di SMAN Tulakan Pacitan, karena telah menerapkan soal-soal berbasis HOTS sebagai instrumen penilaian pembelajaran pada mata pelajaran PAI. Hal ini diterapkan sebagai upaya untuk meminimalisir kesulitan guru melakukan kegiatan penilaian pembelajaran saat ini. Selain itu juga untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan perencanaan penilaian berbasis HOTS pada mata pelajaran PAI kelas X MIPA 1 di SMAN Tulakan Pacitan, (2) mendeskripsikan penerapan penilaian berbasis HOTS pada mata pelajaran PAI kelas X MIPA 1 di SMAN Tulakan Pacitan, (3) menjelaskan dampak penerapan penilaian berbasis HOTS pada mata pelajaran PAI kelas X MIPA 1 di SMAN Tulakan Pacitan.
Maka peneliti akan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Adapun proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan tiga langkah analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data (display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Perencanaan penilaian berbasis HOTS pada mata pelajaran PAI kelas X MIPA 1 di SMAN Tulakan Pacitan dengan 6 langkah yaitu menetapkan tujuan penilaian, menentukan bentuk penilaian, memilih teknik penilaian, menyusun kisi-kisi butir soal, menyusun butir soal, dan menyusun pedoman penskoran. Dalam penyusunan soal berbasis HOTS, guru PAI menggunakan kaidah yang kuat, selain membuat sendiri juga mengambil dari bank soal maupun mengambil soal-soal UNBK tahun lalu. (2) Penerapan penilaian berbasis HOTS pada mata pelajaran PAI kelas X MIPA 1 SMAN Tulakan Pacitan menggunakan instrumen berupa soal-soal berbasis HOTS. Pada saat pelaksanaan penilaian, guru menggunakan bentuk ulangan harian yang diadakan setiap materi yang telah disampaikan. Teknik penilaian yang dipilih berupa tes tulis . Soal yang digunakan untuk ulangan harian ini berupa pilihan ganda dan essay. (3) Penerapan penilaian berbasis HOTS pada mata pelajaran PAI kelas X MIPA 1 di SMAN Tulakan Pacitan berdampak positif dan negatif. Dampak positif dari penerapan penilaian berbasis HOTS pada mata pelajaran PAI ini yaitu menambah wawasan siswa terkait materi pelajaran, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dapat menggabungkan antara materi yang ada dikelas dengan lingkungan sekitar, dapat menjadikan siswa untuk berfikir kritis dan kreatif, menjadikan lebih efektif dalam kegiatan penilaian pembelajaran dan dapat memecahkan masalah yang ada dalam kehidupan sehari. Adapun dampak negatifnya yaitu siswa kadang merasa kesulitan memahami soal dan siswa cenderung emosional ketika tidak bisa mengerjakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2022 00:52
Last Modified: 27 May 2022 00:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18200

Actions (login required)

View Item View Item