...(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Nilai-Nilai Karakter dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah

Biljannati, Alfauza (2022) ...(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Nilai-Nilai Karakter dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180016_ALFAUZA BILJANNATI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Biljannati, Alfauza. 2022. Nilai-Nilai Karakter dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.

Kata Kunci: Nilai Karakter, Novel Negeri 5 Menara, Akidah Akhlak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kasus perilaku generasi muda yang menyimpang di Indonesia. Menurut KPAI terdapat kasus anak yang menjadi pelaku pidana, pencurian, narkoba, hingga kasus tertinggi yaitu kasus asusila. Suatu upaya yang dapat dilakukan agar generasi muda tidak terjerumus dalam berbagai perilaku yang menyimpang, yaitu dengan menanamkan karakter mulia. Salah satu strategi pembentukan karakter yaitu dengan mengambil keteladanaan dari sebuah cerita dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun cerita dari novel yang bergenre religius dapat sebagai media masa yang dapat berperan untuk mentransformasikan nilai-nilai karakter kepada pembaca. Novel dapat berperan sebagai character building yang berarti bahwa novel yang berisi nilai-nilai karakter dapat berkontribusi dalam membentuk dan mengembangkan kepribadian pembaca. Salah satu media yang dapat mentransfer sejumlah nilai karakter yaitu novel Negeri 5 Menara yang bertema edukasi dan religi dapat menjadi keteladanan bagi generasi muda dalam kehidupan sehari-hari. Penulis novel menuangkan pengalaman inspiratif selama mengenyam pendidikan yang mencerahkan di Pondok Madani Gontor Ponorogo Jawa Timur. Novel Negeri 5 Menara dapat menjadi sarana menanamkan karakter positif bangsa karena novel tersebut banyak mengandung nilai-nilai karakter yang berkaitan dengan akhlak terpuji. Novel Negeri 5 Menara memuat nilai-nilai karakter untuk memotivasi dalam meningkatkan kehidupan beragama dan menjadi manusia yang memiliki akhlak mulia.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan nilai karakter religius, toleransi, kerja keras, dan peduli sosial dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. (2) Mendeskripsikan relevansi nilai karakter religius, toleransi, kerja keras, dan peduli sosial dalam novel Negeri 5 Menara dengan materi Akidah Akhlak kelas VIII Madrasah Tsanawiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah studi pustaka (library research). Sumber data primer yang digunakan adalah novel Negeri 5 Menara dan buku Akidah Akhlak kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis).
Nilai-nilai karakter dalam novel Negeri 5 Menara meliputi nilai-nilai karakter religius, toleransi, kerja keras, dan peduli sosial. Nilai-nilai karakter dalam novel Negeri 5 Menara relevan dengan materi akidah akhlak kelas VIII Madrasah Tsanawiyah kelas VIII. Nilai karakter religius relevan dengan bab tawakal, kanaah, sabar, syukur, tawaduk, h}usnuz}z}an dan adab kepada orang tua. Nilai karakter toleransi relevan dengan bab tasa>muh}. Nilai karakter kerja keras relevan dengan bab ikhtiar. Nilai karakter peduli sosial relevan dengan bab ta’awun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 May 2022 08:14
Last Modified: 25 May 2022 08:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18199

Actions (login required)

View Item View Item