...(LENGKAPI TTD DAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN DAN SERTAKAN LEMBAR PERSEUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Implementasi Ta'zir dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Taman Pendidikan Al Quran Muhajirin Desa Tapen, Lembeyan, Magetan

Wardani, Anggi Yuniar (2022) ...(LENGKAPI TTD DAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN DAN SERTAKAN LEMBAR PERSEUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Implementasi Ta'zir dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Taman Pendidikan Al Quran Muhajirin Desa Tapen, Lembeyan, Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 201180274 ANGGI YUNIAR WARDANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wardani, Anggi Yuniar, 2022. Implementasi Ta’zīr dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Taman Pendidikan Al Quran Muhajirin Desa Tapen, Lembeyan, Magetan. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Umar Sidiq, M. Ag.

Kata Kunci : Kedisiplinan, Ta’zīr, Santri.

Kedisiplinan merupakan cara mendidik individu, mengembangkan pengendalian diri dan pengarahan diri, menyesuaikan diri dengan harapan lingkungan sosial, dan memungkinkan mereka bertindak bijaksana dalam mengambil keputusan. Dalam melakukan pendisiplinan santri atau siswa banyak sekali cara salah satunya yaitu ta’zīr hukuman yang diberikan kepada santri atau peserta didik yang berguna untuk mendidik atau bersifat edukatif. Lebih tepatnya hukuman yang biasanya diberikan kepada santri atau peserta didik yang sudah ditetapkan oleh pengurus lembaga atau guru.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan bagaiman bentuk pelaksanaan ta’zīr di Taman Pendidikan Al Quran Muhajirin (2) untuk memaparkan faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi ta’zīr dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Taman Pendidikan Al Quran Muhajirin Desa Tapen, Lembeyan, Magetan (3) untuk mendeskripsikan dampak dari implementasi ta’zīr dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Taman Pendidikan Al Quran Muhajirin Desa Tapen, Lembeyan, Magetan.
Penelitian ini direncanakan dengan rancangan deskriptif kualitatif studi kasus di Taman Pendidikan Al Quran Muhajirin Desa Tapen, Lembeyan, Magetan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan metode analisis data dari Miles Huberman, yang mencangkup pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data kemudian kesimpulan agar memperoleh hasil terbaik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: upaya ustadh dalam meningkatkan kedisiplinan santri melalui ta’zīr di Taman Pendidikan Al Quran Muhajirin Desa Tapen, Lembeyan, Magetan, yaitu : 1) Dengan memberikan ta’zīr atau hukuman kepada santri yang melanggar peraturan dan memberikan dorongan motivasi dari orang tua agar santri tersebut disiplin. 2) Pertama faktor pendukung yang ada di Taman Pendidikan Al Quran Muhajirin Desa Tapen, Lembeyan, Magetan yaitu ustadz, ustadz memiliki keterlibatan dalam memberikan ta’zīr kepada santri, sedangkan santri memiliki keterlibatan dalam melaksanakan ta’zīr. Faktor penghambat dalam pemberian ta’zīr ustadz kesulitan dalam memilih jenis ta’zīr yang tepat bagi santri yang mesih berusia 5-12 tahun, sehingga ketika ustadz salah dalam memilih ta’zīr semangat santri dalam mengikuti kegiatan menjadi pudar.3) Ada dua dampak dari pemberian ta’zīr tersebut yang pertama dampak positif pemberian ta’zīr yaitu menurunkan perilaku yang melanggar, dengan adanya ta’zīr santri akan jera, ketika ingin berbuat salah santri tersebut akan berfikir kembali agar tidak di berikan sebuah ta’zīr. Dampak negatif pemberian ta’zīr ini ketika ustadz dan ustadhah memberikan ta’zīr yang salah maka akan berdampak terhadap semua kegiatan yang santri itu lakukan baik itu waktu pembiasaan shalat Asar, belajar mengajar dan juga Khataman Ahad Kliwon.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 May 2022 08:11
Last Modified: 25 May 2022 08:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18194

Actions (login required)

View Item View Item