Relevansi Konsep Isti‘a>nah dalam Menghadapi Musibah Pandemi Covid-19: Kajian Tafsir Tematik

Mahudin, Muhammad (2022) Relevansi Konsep Isti‘a>nah dalam Menghadapi Musibah Pandemi Covid-19: Kajian Tafsir Tematik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD IMAM MAHUDIN_301180020_SKRIPSI_ETHESES.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Muhammad Imam Mahudin. 2022. Relevansi Konsep Isti‘a>nah dalam Menghadapi Musibah Pandemi Covid-19: Kajian Tafsir Tematik. Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Kayyis Fithri Ajhuri, M.A.
Kata Kunci : Isti‘a>nah, Musibah, Pandemi, Covid-19
Musibah pandemi Covid-19 merupakan suatu bencana nasional yang telah menimbulkan banyak permasalahan pelik di tengah kehidupan masyarakat. Sehingga permasalahan tersebut perlu adanya pendekatan dalam menghadapinya. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam menghadapi masalah tersebut yaitu dengan pendekatan konsep isti‘a>nah yang ada dalam Al-Qur’an.
Berangkat dari permasalahan tersebut maka rumusan masalah penelitian yang perlu diteliti di sini yaitu: Pertama, apa hakikat isti‘a>nah dalam Al-Qur’an. Kedua, apa bentuk isti‘a>nah dalam Al-Qur’an. Ketiga, bagaimana analisis relevansi penerapan isti‘a>nah di masa pandemi Covid-19.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research). Adapun dalam menganalisis datanya penelitian ini menggunakan langkah-langkah penafsiran berdasarkan metode Tafsir Tematik milik M. Ba>qir al-S}adr.
Hasil pembahasan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hakikat isti‘a>nah yang ada dalam Al-Qur’an yaitu kesatuan antara ikhtiar dan doa, sebagai wujud kelemahan seorang hamba akan pertolongan Allah swt. Kemudian bentuk isti‘a>nah dalam Al-Qur’an yaitu dilakukan dengan sabar, salat, dan ta‘a>wun dalam hal kebaikan dan takwa. Dan analisis relevansi penerapan isti‘a>nah di masa pandemi Covid-19 yang didapati yaitu, isti‘a>nah diwujudkan atas dasar ikhtiar yang dipraktikkan dengan membantu pemerintah dalam mematuhi kebijakannya, dan dengan memperbanyak sabar dan salat. Serta berdoa kepada Allah swt. dengan memohon pertolongan-Nya juga menjadi aspek penting di samping senantiasa berikhtiar di masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 May 2022 03:12
Last Modified: 25 May 2022 03:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18189

Actions (login required)

View Item View Item