ANALISIS PERTIMBANGAN MAJELIS HAKIM TERHADAP PENGABAIAN WALI NASAB TANPA IZIN PENGADILAN AGAMA PADA PERKARA PERMOHONAN ITSBAT NIKAH No.55/Pdt.P/PA.PO/2021

Marsanti, Qoriana Ula Putri (2022) ANALISIS PERTIMBANGAN MAJELIS HAKIM TERHADAP PENGABAIAN WALI NASAB TANPA IZIN PENGADILAN AGAMA PADA PERKARA PERMOHONAN ITSBAT NIKAH No.55/Pdt.P/PA.PO/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
NASKA E-TESIS FIX UPLOAD .pdf

Download (3MB)

Abstract

Marsanti, Qoriana Ula Putri 2022. Analisis Pertimbangan Majelis Hakim Terhadap Pengabaian Wali Nasab Tanpa Izin Pengadilan Agama pada Perkara Permohonan Itsbat Nikah No.55/Pdt.P/Pa.Po/2021. Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Ahmad Syakirin, M.H.
Kata Kunci/Keywords : Analisis Pertimbangan Hakim, Wali Nasab Tanpa Izin Pengadilan Agama, Itsbat Nikah
Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974, Perkawinan yang sah adalah perkawinan yang dilaksanakan berdasarkan agama dan kepercayaannya. Para Pemohon dalam perkara Itsbat No.55/Pdt.P/PA.PO/2021 mengajukan permohonan penetapan perkawinan mereka yang telah terjadi pada tahun 1994. Perkawinan dilangsungkan dengan wali nikah adik Pemohon I yang berusia 18 tahun, menggantikan ayah yang Adhal. Adhalnya wali nasab tersebut dalam pemeriksaan Itsbat Nikah Para Pemohon tidak menjadi pertimbangan Majelis Hakim. Pengabaian Majelis Hakim terhadap Wali Nasab tanpa Izin Pengadilan tersebut dapat ditinjau dari Asas Hukum Acara Perdata dan asas maslahat dalam teori Maqashid Syari’ah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana analisis yuridis terhadap pertimbangan Majelis Hakim yang mengabaikan adanya wali nasab pengganti tanpa Izin Pengadilan Agama pada perkara No.55/Pdt.P/PA.PO/2021 ? Bagaimana analisis maqasid syari’ah terhadap pertimbangan Majelis Hakim yang mengabaikan adanya wali nasab pengganti tanpa Izin Pengadilan Agama pada perkara No.55/Pdt.P/PA.PO/2021 ?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan hukum yuridis empiris . Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian yang diakukan selama skripsi dapat disimpulkan bahwa analisis yuridis terhadap pertimbangan Majelis Hakim yang mengabaikan adanya wali nasab pengganti tanpa izin Pengadilan Agama pada perkara No.55/Pdt.P/PA.PO/2021 adalah sah. Berdasarkan asas hukum acara perdata yaitu hakim bersifat pasif, yang berarti bahwa hakim tidak boleh menjatuhkan putusan melebihi yang dituntut para pemohon. Analisis maqashid syariah terhadap pertimbangan Majelis Hakim yang mengabaikan adanya wali nasab pengganti tanpa Izin Pengadilan Agama pada perkara No.55/Pdt.P/PA.PO/2021 sesuai dengan asas Hifzh An-Nasl yakni menjaga keturunan hasil perkawinan para pemohon agar mendapat perlindungan hukum ketika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Syakirin
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 May 2022 05:14
Last Modified: 24 May 2022 05:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18182

Actions (login required)

View Item View Item