Peranan Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di ESGE Sablon Ponorogo

Baitani, Sa’iya Sukhria (2022) Peranan Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di ESGE Sablon Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716098-SA'IYA SUKHRIA BAITANI-EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Baitani, Sa’iya Sukhria. Peranan Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di ESGE Sablon Ponorogo.
Kata Kunci: Peranan Pemimpin, Kendala, Kinerja Karyawan.
Usaha ESGE Sablon Ponorogo, pemimpinnya memiliki pengaruh yang sangat dominan terhadap efektivitas kerja karyawan dan produktivitas karyawan, yang dimana semua kegiatan dan perkerjaan yang ada di ESGE Sablon Ponorogo mengacu pada komando dari pimpinan. Akan tetapi dari kepemimpinan yang di miliki Agus Haryanto kurang memiliki efek yang baik terhadap usahanya, dimana Agus Haryanto sebagai pemimpin ESGE Sablon Ponorogo merasa dalam menjalankan peranan kepemimpinannya sudah maksimal akan tetapi hal ini belum memberikan efek yang maksimal terhadap kinerja karyawannya, sehingga hal ini juga belum berdampak maksimal terhadap hasil usahanya. Hal ini mengindikasikan adanya penerapan peranan kepemimpinan yang kurang tepat dalam ESGE sablon Ponorogo.
Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah editing, klasifikasi, dan memberi kode. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan, teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi.

Berdasarkan hasil penelitian, pimpinan ESGE Sablon Ponorogo belum maksimal dalam menerapkan peranan utamanya sebagai seorang pemimpin. Dimana, dari ketiga peranan utama pemimpin, pimpinan ESGE Sablon Ponorogo belum maksimal dalam menerapkan peran antar pribadi dan peran informasional. Untuk peran antar pribadi dikatakan belum maksimal karena berdasarkan hasil penelitian, pimpinan dalam melakukan interaksi dengan karyawan masih belum mendalam dan menyeluruh, khususnya pada bagian produksi sehingga hal ini menyebabkan pemimpin kurang paham terhadap masalah yang dihadapi para karyawannya. Dan untuk peran informasional dikatakan belum maksimal karena sering kali pemimpin ESGE Sablon Ponorogo menyampaikan informasi kepada karyawan melalui media sosial, sehingga penyampaian informasi ini menjadi kurang maksimal ketika sampai kepada karyawan. Selain itu, pimpinan juga kurang menyeluruh dalam memantau kinerja karyawan, sehingga ini membuat pemimpin kurang paham terhadap masalah yang dihadapi karyawannya. Dalam menjalankan perannya sebagai seorang pemimpin, pimpinan ESGE Sablon Ponorogo juga mengalami kendala, sebagai berikut: kurangnya sikap keterbukaan atau komunikasi karyawan terhadap pemimpin; kurangnya semangat kerja karyawan; kurangnya sikap disiplin para karyawan; kurang tegasnya pemimpin; karyawan kurang fokus pada saat melayani pelanggan; dan karyawan kadang menunda-nunda pekerjaan, sehingga pesanan selesainya molor.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Setya Nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 May 2022 05:07
Last Modified: 24 May 2022 05:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18179

Actions (login required)

View Item View Item