..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Strategi Komunikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Menggunakan Hak Pilih Pada Pemilihan Umum 2019 Di Kabupaten Nganjuk

Rahmawati, Misna Muzdalifa (2022) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Strategi Komunikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Menggunakan Hak Pilih Pada Pemilihan Umum 2019 Di Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MISNA MUZDALIFA upload.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rahmawati, Misna Muzdalifa. 2022. Strategi Komunikasi Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Nganjuk Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Menggunakan Hak Pilih Pada Pemilihan Umum 2019 di Kabupaten Nganjuk. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Ahmad Munir, M. Ag.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Partisipasi Politik.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk melakukan sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh KPU selama ini masih belum membuat masyarakat memahami siapa yang dipilih dan apa pentingnya menggunakan hak pilih. Mengingat masih banyak masyarakat yang mengesampingkan pemilihan umum, karena dianggap kurang begitu penting bagi mereka. Untuk itu diperlukan Strategi Komunikasi yang mampu meningkatkan partisipasi masyarakat.
Penelitian ini untuk mengetahui Strategi Komunikasi Komisi Pemilihan Umum(KPU), faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dan hambatan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman dilakukan dengan interaktif juga berlangsung terus menerus meliputi: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah strategi yang digunakan KPU Kabupaten Nganjuk dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dengan melakukan kegiatan tatap muka secara langsung, melakukan kegiatan yang menarik perhatian masyarakat, memberikan informasi melalui berbagai media, menggunakan relawan demokrasi untuk mengajak berbagai segmen masyarakat. Faktor yang mempengaruhi peningkatan partisipasi masyarakat adalah kesadaran masyarakat terhadap pemilu, sosialisasi dan pendidikan pemilih, peran peserta pemilu dan terakhir peran pemerintah daerah dan stakeholder. Kemudian hambatan peningkatan masyarakat ialah kendala administrasi, waktu, kurangnya SDM segmen internet, pemilihan hari pemilu, kurangnya koordinasi antar petugas KPU dengan KPPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 May 2022 01:51
Last Modified: 23 May 2022 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18162

Actions (login required)

View Item View Item