Tinjauan Hukum Islam dan Maqashid Syariah Atas Penetapan Wali Hakim Sebagai Pengganti Wali Adlal (Studi Analisis Penetapan PA Magetan Nomor 10/Pdt.P/2022/PA.Mgt)

Pujiani, Tri Retno (2022) Tinjauan Hukum Islam dan Maqashid Syariah Atas Penetapan Wali Hakim Sebagai Pengganti Wali Adlal (Studi Analisis Penetapan PA Magetan Nomor 10/Pdt.P/2022/PA.Mgt). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi - Tri Retno Pujiani.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pujiani, Tri Retno, 2022. Tinjauan Hukum Islam dan Maqashid Syariah atas Penetapan Wali Hakim Sebagai Pengganti Wali Adlal (Studi Analisis Penetapan PA Magetan Nomor 10/Pdt.P/2022/PA.Mgt). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Yudhi Achmad Bashori, M.H.I.

Kata Kunci/keyword: Permohonan Wali Adlal, Dasar Hukum, Maqashid Syariah

Penelitian ini mengkaji Pertimbangan Hakim Pengadilan Agama Magetan dalam perkara nomor 10/Pdt.P/2022/PA.Mgt tentang wali adlal dengan alasan karena wali mempercayai tradisi Jawa bahwa anak pertama tidak boleh dinikahkan dengan anak ketiga apabila hal tersebut dilanggar akan menimbulkan hal-hal yang tidak baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap pertimbangan hakim Pengadilan Agama Magetan atas permohonan wali hakim sebagai pengganti wali adlal pada perkara nomor 10/Pdt.P/2022/PA.Mgt? (2) Bagaimana analisis maqashid syariah terhadap penetapan hakim atas permohonan wali hakim sebagai pengganti wali adlal pada perkara nomor 10/Pdt.P/2022/PA.Mgt?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan jenis penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa korelasi antara Al-Qur’an surat An-Nur ayat 32, Hadist Nabi Saw. dan kitab I’anatut Thalibin Juz III halaman 319 dengan permohonan wali adlal pada perkara nomor 10/Pdt.P/2022/PA.Mgt ini telah relevan atau sesuai dalam pengambilan hukum Islam tersebut untuk digunakan dalam dasar pertimbangan hukum Islam terhadap dikabulkannya permohonan wali adlal ini. Dengan dikabulkannya permohonan tersebut bertujuan memelihara lima aspek pokok pemeliharaan dalam maqashid syariah khususnya pemeliharaan keturunan serta menghindarkan dari hal-hal buruk yang mungkin dilakukan oleh calon pengantin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yudhi Achmad Bashori
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2022 01:31
Last Modified: 18 May 2022 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18149

Actions (login required)

View Item View Item