Pengaruh Pelaksanaan Metode Drill Dan Muroja’ah Terhadap Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an Dalam Pembelajaran PAI Siswa Kelas VII di MTsN 3 Madiun

Safi'i, Amsaka Nova (2021) Pengaruh Pelaksanaan Metode Drill Dan Muroja’ah Terhadap Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an Dalam Pembelajaran PAI Siswa Kelas VII di MTsN 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210316236_AMSAKA NOVA SAFI'I_ PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Amsaka Nova Safi’i, 2021. Pengaruh Pelaksanaan Metode Drill Dan Muroja’ah Terhadap Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an Dalam Pembelajaran PAI Siswa Kelas VII Di MTSN 3 Madiun. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Ponorogo. Pembimbing Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd

Kata kunci : Metode Drill Dan Muroja’ah, Menghafal Al-Qur’an
Ilmu pengetahuan bersifat konkret. Sehingga dapat diamati, dipelajari dan dapat diajarkan serta teruji kebenarannya. Bersifat khas atau khusus dalam arti mempunyai metodologi, objek, sistematika dan teori tersendiri. Dari pengertian dan prinsip di atas dapat dikatakan bahwasannya ilmu pendidikan adalah obyek ilmiah yang dapat dipelajari dengan metodologi tersendiri dan dilakukan secara berulang-ulang.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pelaksanaan metode drill terhadap keberhasilan menghafal Al-Qur’an dalam pembelajaran PAI siswa kelas VII di MTsN 3 Madiun. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pelaksanaan metode muroja’ah terhadap keberhasilan menghafal Al-Qur’an dalam pembelajaran PAI siswa kelas VII di MTsN 3 Madiun. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pelaksanaan metode drill dan muroja’ah terhadap keberhasilan menghafal Al-Qur’an dalam pembelajaran PAI siswa kelas VII di MTsN 3 Madiun.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode ex post facto dengan hubungan kausal atau sebab-akibat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena data yang didapat memungkinkan digunakan teknik analisis statistik. Populasi yang diambil adalah siswa kelas VII MTsN 3 Madiun yang berjumlah 120 siswa.
Kesimpulan dari penelitian adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan metode drill terhadap keberhasilan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VII MTsN 3 Madiun tahun 2020/2021. Hal ini terbukti dengan hasil hitung nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 4.108 > 1.980. (2) Ada pengaruh yang signifikan muroja’ah terhadap keberhasilan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VII MTsN 3 Madiun tahun 2020/2021. Hal ini terbukti dengan hasil hitung nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 5.413 > 1.980. (3) Ada pengaruh yang signifikan metode drill dan muroja’ah terhadap keberhasilan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VII MTsN 3 Madiun tahun 2020/2021. Hal ini dapat dilihat bahwa Nilai F hitung > F tabel atau 69.93 > 2,65.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 May 2022 04:13
Last Modified: 09 May 2022 04:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18125

Actions (login required)

View Item View Item