Peningkatan Social Awareness Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo Melalui Komunitas Ngaji Pramonorogo

Sahara, Primalengga Lady (2022) Peningkatan Social Awareness Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo Melalui Komunitas Ngaji Pramonorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Primalengga IAIN Ponorogo.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Primalengga Lady Sahara. 2022. Peningkatan Social Awareness Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo Melalui Komunitas Ngaji Pramonorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: M. Rozi Indrafuddin, M.Fil.I.
Kata kunci: Social Awareness, Mahasiswa, Komunitas Ngaji Pramonorogo.
Kepekaan sosial (social awareness) dapat diartikan sebagai tindakan seseorang untuk menanggapi secara cepat dan tepat terhadap objek atau situasi sosial yang ada dilingkungan sekitar. Di era modern ini kepekaan sosial (social awareness) yang dimiliki individu rendah. Peneliti tertarik ingin meneliti lebih dalam mengenai social awareness pada kalangan mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) bagaimana kondisi social awareness mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo dan (2) bagaimana peran Komunitas Ngaji Pramonorogo terhadap social awareness mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, penentuan lima informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi social awareness mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo terbilang rendah seperti mahasiswa yang malas dalam mengikuti kegiatan penting di kampus dikarenakan sibuk kepentingan pribadi, sehingga mengabaikan kewajiban sebagai mahasiswa dan kurang peduli terhadap sekitar. Peran Komunitas Ngaji Pramonorogo terhadap social awareness mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam ialah menambah wawasan khususnya mengenai social awareness bagi mahasiswa, solidaritas yang tinggi, interaksi sosial yang lebih baik, empati, menjadi pribadi yang lebih baik serta merekatkan persaudaraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mohammad Rozi Indrafuddin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Apr 2022 05:29
Last Modified: 25 Apr 2022 05:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18118

Actions (login required)

View Item View Item